Bisnis batik medan
Bisnis batik medan

Peluang Usaha Batik di Medan Sumut

Diposting pada

Usaha Medan – Seperti apa prospek bisnis jualan batik di kota medan dan daerah lain di sumatera utara? Kali ini ukmsumut akan membahas seputar peluang bisnis pakaian khas nusantara ini. Karena seperti yang anda ketahui, batik menjadi pakaian trend saat ini dan penggunaannya juga sudah mulai digalakkan oleh pemerintah.

Desain-desain batik yang anda buat harus bisa tampil baru secara konsisten, itu membuat penjualanya juga baik. konsumennya yang kebanyakan adalah wanita itu akan tertarik pada desain yang baru. Meski sudah memiliki busana batik, wanita akan cenderung membeli lagi karena desainnya yang berbeda.

Pengrajin batik seperti anda juga harus lebih memahami kebutuhan busana batik yang sedang tren. “Dulu orang mau pakai batik, mengenakan busana formal. Tapi beda sekarang, banyak kalangan yang memakai longdress atau daster sudah bisa dipakai keluar.

 

Peluang Bisnis Batik di Medan Sumut

Medan dan Daerah Sumut lainnya tidak hanya terkenal dengan pakaian khas Ulos-nya saja. Akan tetapi ada banyak juga yang menjual dan meminati batik. Oleh karena itu peluang ini bisa anda manfaatkan dengan memperhatikan langkah langkah dibawah ini :

 

Pelajari produk batik yang dijual

Karena ada banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki kreasi batik dengan motif tersendiri. Setiap daerah seperti Yogyakarya, Solo, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Madura dan sebagainya memiliki ciri khas tersendiri terkait motif batiknya.

 

Kalkulasikan Target Pelanggan dan Modal Usaha anda

Pakaian batik tidak hanya dirancang untuk orang dewasa saja tapi juga remaja dan anak-anak. Model, desain dan kualitasnya pun beragam.Anda bisa mengawali bisnis jualan batik sebagai dropshipper atau reseller agar bisa menekan kebutuhan modal.

Jika modal usaha batik rumahan relatif kecil maka resikonya pun kecil sehingga cara ini sangat cocok bagi pemula sebagai media belajar.

 

Brand Toko Juga Penting untuk mendongkrak Penjualan

Jangan lupa untuk memberi nama usaha batiknya. Cara ini identitas dan sekaligus sebagai pembeda dengan bisnis sejenis. Anda bisa menawarkan brand anda kepada tetangga dan saudara dan juga melalui internet dengan brand yang unik sehingga mudah di ingat oleh banyak orang.

 

Media Pemasaran Lewat offline dan Online

Anda dapat memasarkan produk batik dengan brand anda melalui berbagai media pemasaran online seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan Line secara gratis tapi ada baiknya juga mulai mengembangkan website profesional seperti toko online sendiri.

Bisnis batik secara online adalah bidang baru bagi Anda maka harus rajin menggali pengetahuan sebanyak mungkin. Belajarlah dan jangan malas untuk bertanya kepada para pelaku yang terjun lebih dahulu.

Demikian pembahasan mengenai Peluang Usaha Batik di Medan Sumut kali ini, semoga bisa membantu kalian yang berniat hendak memulai bisnis ini di medan.