Home » Bisnis » 15 Usaha Kecil yang Laris di Pasar Malam & Cepat Laku

15 Usaha Kecil yang Laris di Pasar Malam & Cepat Laku

Pasar malam adalah tempat hiburan merakyat yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini tentunya bisa menghasilkan ide bisnis yang potensial dengan cara memulai usaha jualan dengan modal yang minim. Kali ini, ukmsumut akan memberikan beberapa contoh peluang usaha yang bisa kamu coba di pasar malam. Walaupun sudah mulai tergerus zaman, namun bisnis di bidang ini cenderung stabil dan tidak memiliki resiko besar.

Kalau kamu penasaran dan ingin segera memulai berjualan di pasar malam, siap siaplah untuk begadang. Hal ini karena kegiatan jual beli mu akan sangat panjang di malam hari. Bisa saja selesai sampai jam 2 pagi, tergantung keramaian dan lokasinya.

Biasanya di akhir pekan (apalagi malam minggu), pengunjung di pasar malam akan ramai. Banyak keluarga yang ingin mencari hiburan di tempat ini. Dan tentu saja, ini semakin berpeluang memberikan keuntungan maksimal buatmu.

Ide Jualan di Pasar Malam

Seperti apa ide jualan di pasar malam yang prospektif? Layaknya pasar tradisional, night market adalah peluang bisnis yang bisa menghasilkan omset lumayan lho. Berikut beberapa contohnya :

Seblak

Seblak sudah menginvasi seluruh daerah di Indonesia. Cewe cewe banyak yang suka dengan jajanan yang satu ini. Lidah masyarakat kita juga sepertinya cocok dengan makanan olahan yang punya rasa rempah yang kuat. Alasan itulah yang membuat bisnis seblak semakin banyak diminati. Kamu bisa jualan di stand khusus dan layani pembeli mu dengan sistem prasmanan. Biarkan mereka memilih toping apa saja yang akan dimasak.

Aneka Bakaran

Aneka bakaran bisa jadi pilihan untuk berjualan di pasar malam. Apa saja yang bisa dibakar bisa kamu jual. Tapi kebanyakan orang akan lebih suka dengan bakso bakar, tahu bakso, sosis bakar, ayam bakar dan sebagainya. Tentu saja lihat dulu selera pasar, sebelum memutuskan jenis aneka bakaran seperti apa yang kamu pilih.

Jajanan Korea

Masuknya budaya kpop di indonesia tidak dipungkiri menjadikan kuliner nya juga banyak yang suka. Apalagi jika harga yang ditawarkan murah dan terjangkau. Korea terkenal dengan gudangnya street food yang terkenal enak dan lezat. Kamu bisa membuat versi low budget dan halal dari jajanan seperti Hotteok, Dakkochi, Odeng, Tteokbokki, Twigim dan sebagainya.

Sewa Kolam Pancing

Target konsumen kamu adalah anak anak dan keluarga. Karena setiap orang pasti menyukai ikan hias karena memiliki bentuk yang mungil, lucu dan beragam warna indah yang menghiasi tubuh mereka dapat menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan untuk orang dewasa pun menyukai aktifitas “memancing” untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga tentunya.

Tas dan Dompet

Pasar malam merupakan tempat yang tepat untuk menjajakan barang kebutuhan sehari hari seperti tas dan dompet misalnya. Karena ada banyak pengunjung yang merupakan para wanita dan ibu – ibu, maka ini adalah kesempatan kamu untuk membantu mereka untuk berbelanja. Para wanita memang menyukai aktifitas shopping.

Kamu bisa menjual berbagai jenis tas mulai dari tas biasa yang harganya stkamur hingga jenis tas yang tergolong mahal. Kamu cukup menyewa lapak dengan posisi yang strategis, dan memperkerjakan seorang karyawan berpengalaman di bidang penjualan atau sales.

Baca juga : Bisnis Internet Tanpa Modal Omset Milyaran

Mainan Anak

Pasar malam sangat digandrungi oleh anak anak. Maka segala barang yang berhubungan dengan anak anak sangat digemari disini. Kamu harus mampu memanfaatkan momen ini untuk berjualan aneka ragam mainan anak. Walaupun bisnis ini terlihat sepele, namun keuntungannya sangatlah bagus ketika kamu mempertimbangkan memulai bisnis ini dengan serius.

Akan ada keluarga yang membawa anak – anak mereka untuk bermain. Ini merupakan target utama kamu dalam menjual mainan dengan harga murah dan menarik tentunya. Terlebih anak – anak yang berada pada fase yang sangat menginginkan mainan.

Makanan Ringan

Makanan ringan menjadi komoditi yang tidak bisa dilupakan ketika berada di pasar malam. Orang orang tentunya membutuhkan makanan ringan sebagai cemilan atau makanan penamping.

Untuk peluang usaha dan bisnis ini kamu juga bisa menyewa lapak untuk berdagang aneka makanan ringan dengan jenis dan harga yang bervariasi. Pilihlah makanan ringan yang sudah akrab dengan kebanyakan orang orang agar penjualan semakin lancar.

Minuman dan Jus

Hampir sama dengan berbisnis makanan ringan, bisnis jus dan minuman viral sangat digemari oleh banyak orang. Terutama yang sedang berkunjung ke pasar malam. Ini bisa menjadi peluang bisnis untuk kamu coba.

Sediakan berbagai buah buahan dan minuman sachet sebagai modal awal. Jangan lupa juga membawa blender. Ini merupakan peluang besar yang terbuka bagi kamu untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya dari aneka minuman.

Sendal dan Sepatu

Selain berjualan tas, kamu tentunya bisa mengembangkan usaha dan bisnis dari sendal atau sepatu. Karena sebetulnya selain untuk hiburan, pasar malam juga menjadi tempat berbelanja yang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang mencari barang barang yang diperlukannya tanpa repot ke toko sepatu atau sendal.

Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis ini. Carilah model terbaru dan merupakan trend terkini mengenai skamul dan sepatu. Tentunya barang kamu akan cepat laku dan diminati oleh banyak orang.

Kamu juga bisa mencoba menjajakana berbagai jenis sendal dan sepatu yang unik yang jarang di temukan di toko maupun pasar. Dengan model dan harga yang bersaing tentunya sendal dan sepatu kamu akan sangat laku di pasar malam.

Baca juga : Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Sibuk

Kembang Gula

Siapa yang tidak kenal dengan cemilan manis satu ini? Bisnis kembang gula memang tidak ada matinya. Selain enak, manis dan tentunya terjangkau.

Orang orang sangat menyukai jajanan ini ketika berkunjung ke pasar malam. Kamu bisa memberi pewarna untuk memikat anak anak yang berkunjung ke pasar malam. Cemilan manis yang identik dengan anak – anak ini sebenarnya tidak hanya di sukai anak kecil saja, namun juga menjadi favorit para ibu dan orang dewasa.

Aksesoris

Terakhir, kamu bisa mengembangkan ide usaha dan bisnis berjualan aksesoris. Aksesoris yang di jual dengan harga terjangkau seperti gelang, cincin, mainan kunci, mainan hp, anting, klep rambut, dan jenis lainnya yang kebanyakan diperuntukkan untuk para remaja dan para wanita. Bahkan kamu bisa mendapatkan penjualan tinggi jika menjual aksesoris yang unik dan harga terjangkau pula.

PopCorn

Popcorn merupakan makanan sejuta umat yang sangat digemari ketika malam hari. Usaha ini juga terbilang cukup merakyat dan tidak terlalu sulit untuk dimulai. Berikan beberapa varian rasa terhadap popcorn untuk memberikan kepuasan konsumen. Kamu juga bisa membuat packaging yang menarik perhatian anak-anak.

Rokok dan Liquid

Di pasar malam, biasanya orang juga membeli dan membutuhkan yang namanya rokok atau Vape. Nah ketika kamu membuka lapak, jual lah berbagai jenis merk rokok dan juga kamu bisa menjual liquid atau cairan vape berbagai rasa. Sekarang tidak hanya rokok kretek, tapi vape banyak penggunanya. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? target pasarmu tentu saja adalah lelaki dewasa.

Balon Helium

Balon memiliki banyak sekali penggemar terutama anak-anak kecil. Mainan ini juga sangat menarik perhatian. Kamu bisa mengisi balon dengan helium untuk bisa  mengambang lebih baik dibanding balon angin biasa.

Untuk jenis-jenis balonnya juga harus bervariasi untuk bisa memberikan pilihan kepada konsumen. Kamu juga bisa beli balon yang bisa dibentuk menjadi berbagai jenis ukuran, seperti model boneka, tali sosis dan sebagainya.

Buah Segar

Nah kalau kamu ingin menjual buah-buahan yang telah dipotong dan dijual dalam harga eceran seperti 1000 sampai Rp2.000 per potongnya, kamu bisa menjualnya di pasar malam dengan menggunakan gerobak sepeda motor. Kamu bisa Menjual buah pepaya, nenas, melon, bengkoang, dan sebagainya. Bisa juga jualan es kul kul, yaitu es potongan buah yang dibaluri dengan toping cokelat cair.

JaSuKe

JASUKE adalah kepanjangan dari Jagung Susu Keju, di mana minuman ini adalah perpaduan dari 3 bahan tersebut yang memiliki rasa yang nikmat dan enak sekali untuk disantap bersama teman-teman. Kamu bisa menjualnya di pasar malam jam dan menawarkannya dengan menggunakan packaging yang menarik.

Takoyaki

Kamu tahu takoyaki? Takoyaki adalah jenis makanan yang berasal dari negara Sakura Jepang yang berbentuk bola dan memiliki isi potongan daging gurita yang enak. Kamu bisa menjual jajanan ini ini di pasar malam dan pastinya banyak sekali orang yang menyukainya.

Bakso dan Mie Ayam

Terakhir adalah kamu bisa menjual kuliner bakso dan mie ayam yang menjadi 2 makanan merakyat yang akrab di lidah masyarakat kita. Bakso dan mie ayam jam yang kamu jual harus relatif lebih murah sehingga orang bisa membelinya.  namun jangan lupakan juga kualitas rasanya.

Kata Penutup

Bagaimana Apakah kamu sudah memutuskan untuk berjualan apa di pasar malam kali ini? Semoga dengan materi diatas kamu bisa menjadikannya sebagai referensi dan inspirasi untuk memulai bisnis dan meraup keuntungan di pasar malam di tempatmu

Demikian lah artikel ukmsumut mengenai Peluang Bisnis Usaha Pasar Malam kali ini, semoga menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin segera memulai bisnis ini di pasar malam. setelah berkunjung, jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini

Reza Harahap

Reza Harahap adalah owner UKMSUMUT. Seorang Blogger, Youtuber dan Investor. Senang belajar bisnis keuangan. Website ini memberikan peluang usaha, ide bisnis, finansial, tutorial, pekerjaan dan contoh informasi yang berguna lainnya

Share on: