Peluang Bisnis Usaha Laundry di Medan

Diposting pada

Bisnis Medan – Kali ini ukmsumut akan melirik prospek bisnis dan usaha laundry di medan dan sumut yang sudah mulai menjamur belakangan ini. Karena laundry kiloan bisa mendatangkan omset jutaan, maka banyak orang berbondong bondong dalam membuka bisnis ini. Seperti apa tips supaya bisnis ini sukses di tengah masyarakat? silahkan ikuti terus pembahasannya.

Kehidupan masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya sandang atau pakaian. Terlebih untuk masyarakat urban yang setiap hari membutuhkan berbagai jenis pakaian untuk keperluan yang berbeda beda setiap waktunya. Dan tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Hal ini lah yang menjadikan peluang bisnis laundry semakin berkembang akhir akhir ini.

Menjalankan bisnis laundry kiloan dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan karena bisa dikerjakan oleh siapa saja, terutama oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan ketika di rumah.

Target konsumen jasa laundry kiloan adalah mereka yang hidup di kota besar, para pekerja, mahasiswa, ibu rumah tangga yang kewalahan dan mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusi pakaian mereka sendiri. Selain menghemat waktu, memillih jasa laundry dinilai lebih efektif dan efisien karena tidakakan lebih produktif bila digunakan untuk kepentingan lainnya.

Membangun usaha atau bisnis laundry kiloan yang sukses tidak bisa begitu saja. Kali ini ukmsumut akan membahas mengenai tips seputar laundry kiloan. Karena sebelum memulai bisnis ini akan ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan seperti hal hal berikut ini :

Mempersiapkan Modal Awal

Dimana mana untuk memulai bisnis itu adalah mempersiapkan modal awal. Anda bisa meminjam modal dari bank. Akan tetapi perhitungkan bunga dan jangka waktunya. Saran saya, pilihlah bank syariah yang memberikan pinjaman tanpa bunga (dengan sistem bagi hasil) supaya lebih berkah.

Kedua yaitu dengan mengajukan kerjasama dengan investor atau teman yang mau mendanai bisnis anda. Untuk satu buah mesin cuci dan peralatanny saja butuh sekitar tiga jutaan lebih. Jadi orang lain yang memberikan modal kemudian dengan jangka waktu tertentu anda harus mengembalikan modal tersebut sambil menjalankan bisnis laundry lagi karena sudah balik modal.

Menentukan Harga Dasar

Harga dasar untuk satu kilo pakaian laundry tentunya tidaklah sama. Anda harus mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan terlebih dahulu, kompetitor dan faktor lainnya sebelum menetapkan harga dasarnya. Karena ini sangat berpengaruh pada loyalitas konsumen.

Lakukanlah sedikit riset harga yaitu dengan mencari tahu harga yang diberikan oleh kompetitor. Anda bisa memberikan harga yang sama seperti kompetitor tapi dengan memberikan layanan tambahan, misalnya jasa antar jemput untuk jarak tertentu. Anda juga mesti mempertimbangkan biaya operasional agar tidak mengalami kerugian. Sesuaikan layanan yang diberikan terhadap harga.

Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi bisnis laundry yang baik tentu saja harus di tempat yang strategis. Tempat strategis dalam menjalankan bisnis ini adalah di perumahan urban, kos-kosan, kontrakan dan areal tempat pendidikan seperti kampus dan sekolahan.

Dan bila anda sudah memiliki rumah dekat lokasi tersebut, maka itu bisa menekan biaya sewa ruko. Buka saja bisnis laundry berbasis rumahan yang tentunya tidak perlu modal yang besar karena bisa memulai bisnis ini dari hal yang kecil terlebih dahulu. Ini untuk mengalihkan modal sewa tersebut kepada hal hal yang lebih penting lagi nantinya.

Menyiapkan Perlengkapan Awal Laundry

Membuka laundry kiloan membutuhkan berbagai perlengkapan selain mesin cuci, juga alat setrika, sabun cuci, pewangi pakaian, pengering pakaian (jemuran), timbangan tempat untuk meletakan cucian, tag nama cucian, plastik kemasan, dan keperluan lainnya. Modal tersebut memang cenderung agak besar. Akan tetapi jika bisnis sudah berjalan baik maka modal akan terbayar secepat mungkin. Ini semua tergantung dari kinerja bisnis anda.

Mempelajari Cara Mencuci yang Benar

Mencuci pakaian terlihat sepele, tapi banyak yang salah dalam menerapkan teknik mencuci yang baik dan benar, sehingga justru dapat merusak pakaian itu sendiri. Jika anda ingin membuka bisnis laundry, anda wajib menguasai teknik mencuci baju yang sesuai karena setiap jenis kain memiliki teknik pencucian yang berbeda pula.

Misalnya ada kain yang tidak bisa dicampur dengan kain lainnya, mengetahui mana kain yang luntur, cara menghilangkan noda membandel, cara mencuci jeans, katun dan lainnya. Dengan memahami hal ini, anda bisa memberikan pelayanan yang baik, sehingga konsumen pun akan merasa puas.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan layanan yang baik tentunya menjadi pilihan oleh konsumen anda. Salah satu pelayanan terbaik yang wajib dilakukan adalah memberikan hasil cuci dan setrika pakaian yang rapih, bersih, wangi serta selesai tepat waktu. Cara pelayanan yang ramah dan informatif dapat menjadikan konsumen anda datang lagi dan menggunakan jasa laundry anda dan menjadi pelanggan tetap.

Setiap bisnis juga membutuhkan komunikasi dengan baik dengan pelanggan agar bisnis tetap berjalan dengan baik. Sebagai nilai tambah bagi bisnis laundry anda, bisa dilakukan dengan cara memberikan layanan antar jemput pakaian gratis. Akan tetapi perhitungkan dulu biaya dan tarif nya agar sesuai dengan target keuntungan yang didapatkan.

Memperhitungkan Biaya Operasional

Modal digunakan untuk membeli perlengkapan awal. Sedangkan biaya operasional adalah biaya yang harus anda keluarkan setiap bulannya. Biaya operasional dalam usaha laundry mencakup biaya listrik, biaya air, pengadaan detergen, gaji karyawan, dan keperluan lainnya.
Jika anda menyewa tempat usaha, berarti ada biaya sewa tempat usaha. Hal ini harus dipikirkan dari awal dan masuk ke dalam biaya operasional bisnis laundry.

Jadilah Kreatif dan Inovatif

Poin ini memang dibutuhkan untuk semua jenis bisnis, termasuk usaha laundry kiloan juga. Memperhatikan kebutuhan masyarakat bisa menjadi salah satu cara agar kita bisa berkreasi dan menciptakan inovasi dalam menjalankan bisnis laundry kiloan. Salah satu contoh lakukan promosi melalui media sosial, website, atau memberikan pelayanan berupa jasa pencucian khusus seperti bed cover, boneka, sepatu, helm dan lainnya.

Demikian artikel ukmsumut mengenai Peluang Bisnis Usaha Laundry di Medan. anda tertarik membuka bisnis laundry? Maka tetapkan dulu perencanaannya. Jangan lupa berkonsultasi kepada pakar bisnis. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkomentar di kolom komentar dibawah ini.