Peluang Bisnis Usaha Kopi Bubuk Sumatera Utara

Diposting pada

Bisnis Medan – Topik kali ini ukmsumut akan membahas mengenai Peluang Bisnis Usaha Kopi Bubuk rumahan di Medan dan sumatera utara. Bisnis kopi bubuk saat ini sudah mulai digandrungi oleh anak anak muda sejak tren filosofi kopi dan menjadi barista, yang pada akhirnya membawa angin segar terhadap industri kopi di tanah air, khususnya di sumatera utara.

Berbisnis kopi bubuk memang relatif lebih sulit bila dibandingkan dengan berbisnis minuman lain. Akan tetapi bisnis ini tetap akan menguntungkan dengan cara membuat biji kopi menjadi bubuk, kemudian ditambah gula dan dikemas dengan praktis layaknya seperti kopi kemasan yang dijual oleh produsen kopi sachet. Kopi yang dikemas tentunya akan menambah nilai ekonominya. Kopi jenis ini juga ebih mudah dipasarkan serta disukai konsumen karena cenderung lebih praktis.

Berbisnis kopi bubuk buatan sendiri merupakan peluang usaha bagi anda yang dekat dengan sentra daerah kopi untuk memulai usaha kopi bubuk skala rumah tangga. Dengan membuak usaha ini, anda bisa membantu ekonomi petani setempat dengan menyerap hasil tani kopi sehingga petani kopil lebih bergairah dalam budidaya kopi.

Di sumatera utara sendiri banyak sentra penghasil kopi yang cukup terkenal, misalnya di daerah sidikalang dengan kopi sidikalang, daerah sipirok dengan kopi sipirok, kopi mandailing, kopi tarutung dan kopi lintong. Daerah -daerah tersebut memang terkenal dengan kopi nya yang bisa anda manfaatkan untuk memperkenalkan ke khas an sumatera utara kepada para pecinta kopi di tanah air dan bahkan mancanegara.

Kopi sendiri merupakan minuman hasil olahan dari biji kopi yang diolah dalam bentuk bubuk. Biji kopi memiliki pasar yang luas dengan konsumsi nasional pada tahun lalu mencapai 4.2 juta (bungkus 60 kg). Ini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan meningkatnya tren “filosofi kopi” di kalangan anak muda. Minuman ini juga menjadi legenda yang disukai banyak kalangan.

Kopi bubuk dapat dipasarkan ke berbagai konsumen baik dalam kemasan praktis siap seduh maupun kemasan per kg untuk menyuplai kedai dan warung kopi. Selain untuk pasar lokal, kopi di sumatera utara juga cukup banyak diminati diluar negeri. Hal inilah yang menjadi tugas anda dalam mempromosikan jenis kopi khas sumatera utara ini.

Pengoalahan kopi menjadi bubuk kopi siap minum tergolong sederhana sehinga bisa dibuat dengan skala rumah tangga menggunakan peralatan tradisional. Kopi bubuk sebelum era barista juga sudah dibuat secara tradisional dengan disangrai dan ditumbuk. Adapun proses pembuatan bubuk kopi diantaranya :

Penyangraian merupakan proses penurunan kadar air dalam kopi. Penyangraian dapat dilakukan secara tradisional atau menggunakan mesin sangrai. Penyangraian membutuhkan suhu ruangan yang sesuai dengan prosedur. Pada suhu sangrai yang konstan, derajat sangrai biji kopi sangat dipengaruhi oleh waktu sangrai.

Pendinginan. Setelah disangrai dengan suhu yang tinggi, selanjutnya adalah proses pendinginan. Selama pendinginan, biji kopi diaduk secara manual agar proses sangrai menjadi rata dan gelap.

Setelah itu adalah pembubukan. Biji kopi yang telah didinginkan dibubukkan menggunakan mesin giling kopi. Mesin giling yang digunakan sebisa mungkin tipe artisi agar mutu mutu bubuk kopi memiliki warna, kehalusan dan cita-rasa yang khas. Hasil gilingan kopi kemudian diayak menggunakan ayakan lembut, karena mesin giling belum menghasilkan kelembutan sempurna.

Langkah terakhir adalah pengemasan kopi bubuk. Pengemasan bubuk kopi membutuhkan perhatian aspek berat kotor dan bersih (netto), jenis kemasan, label dan kerapatan. Berat bubuk kopi dalam kemasan biasanya adalah 50 gram dan 100 gram agar cepat terjual sebelum masa kadaluarsa habis. Kemasan yang baik digunakan sebaiknya menggunakan aluminium foil dan memiliki umur simpan selama setahun.

Demi memenuhi target penjualan dalam bisnis kopi ini, anda harus memiliki rencana bisnis dan tujuan pemasaran yang jelas. Pasarkan bubuk kopi buatan anda tersebut seperti di warung oleh oleh, bekerja sama dengan mitra indomart atau alfamart, memasarkan secara online dengan menerapkan reseller dan dropship, membuka sistem grosir dan eceran, mendesain kemasan kopi dengan variatif yang menarik konsumen, membuat website pemasaran dan juga memberikan pelayanan serta harga yang bersaing.

Selain tips pemasaran yang perlu diperhatikan adalah jaminan dari produsen kopi yakni kerjasama dengan petani kopi secara langsung. Hal ini perlu untuk menjaga konsistensi bisnis dan menghindari kekurangan bahkan kehilangan pasokan biji kopi anda. Tipsnya adalah sebelum musim panen tiba anda harus memiliki stok kopi yang cukup. Maka dari itu perlu dibuat metode penyimpnana biji kopi yang baik. Selain itu anda bisa memproduksi bubuk kopi secara bertahap mengikuti pasokan biji kopi dari petani.

Demikianlah pembahasan ukmsumut mengenai Peluang Bisnis Usaha Kopi Bubuk di Medan kali ini, semoga saja berguna untuk anda yang sedang mencari inspirasi dan referensi dalam memulai bisnis di bidang bubuk kopi atau warung kopi. Jangan lupa berkomentar.