Peluang Bisnis Usaha Ikan Nila di Medan

Diposting pada

Bisnis Medanukmsumut kali ini akan membahas mengenai Peluang Bisnis Usaha Ikan Nila di Medan dan sumatera utara. Bisnis budidaya ikan nila menjadi alternatif yang cukup menjanjikan karena memberikan keuntungan yang besar bila digeluti secara fokus dan tekun.

Sumatera utara merupakan daerah dengan daerah perairan yang cukup luas. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa provinsi ini memiliki potensi bidang perikanan yang cukup besar dan diantara banyak ikan yang di budidayakan untuk dijadikan sebagai komoditi utama adalah ikan nila.

Ikan nila dewasa memiliki panjang tubuh dengan rata rata 30 cm. Bersifat agresif dan sangat cepat berenang. Hidup di air tawar, mudah beradaptasi dan lebih resistan terhadap penyakit. Peluang bisnis ternak ikan nila cukup menguntungkan. Pada satu kali pemijahan, ikan betina dapat mengeluarkan telur hingga 300-1.500 butir.  Ikan nila dapat melakukan pemijahan apabila telah mencapai umur 1-1,5 tahun serta dapat melakukan proses bertelur 6-7 kali dalam setahun.

Jenis ikan nila ini sangat banyak penggemarnya. Ikan ini banyak dibudidayakan dan dijadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ikan nila adalah ikan konsumsi yang mulai diperkenalkan yang berasal dari Afrika bagian timur. Nama latinnya Oreochromis niloticus. Memiliki daging yang lezat dan bergizi sehingga banyak dijadikan sebagai konsumsi daging non-ayam. Apalagi menteri perikanan kini menggalakan keluarga Indonesia supaya mengkonsumsi ikan setiap harinya.

Anda dapat mebudidaya ikan nila di area sekitar rumah yang sempit bila memang tidak memiliki modal awal yang cukup. Buatlah kolam dengan menerapkan kolam terpal. Karena dengan menggunakan terpal anda tidak perlu lagi mempersiapkan lahan yang luas yang membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Selain menyediakan kolam, anda juga harus mulai membeli bibit ikan nila yang berkualitas. Pastikan bibit yang anda punya berkualitas jika perlu memiliki sertifikasi oleh lembaga pembudidaya di daerah anda. Dapatkan juga pakan ikan yang berkualitas yaitu kandungan pelet ikan dengan komposisi protein 20% – 30%, lemak 70% dan karbohidrat 70% serta daun-daunan.

Jika anda berminat untuk menjalankan bisnis budidaya ikan nila ini, anda dapat mencari buku mengenai budidaya ikan nila di pasaran atau perpustakaan. Bila tidak ingin repot membeli, anda bisa juga mengakses berbagai situs informasi di internet mengenai cara dan panduan teknis pembudidayaan ikan nila.

Demikianlah pembahasan ukmsumut mengenai Peluang Bisnis Usaha Ikan Nila di Medan kali ini. Silahkan bila anda ingin memulai berbisnis budidaya ikan, maka melakukan secepat  mungkin adalah langkah yang paling tepat. Semoga saja peluang usaha sampingan ikan nila yang ukmsumut sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda dan menginspirasi anda untuk lebih bersemangat dalam melakukan bisnis mandiri. Jangan lupa berkomentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *