Peluang Bisnis Usaha Bahan Bangunan di Medan

Diposting pada

Bisnis MedanPeluang Bisnis Usaha Bahan Bangunan di Medan – Bisnis  yang berkaitan dengan bangunan dewasa ini sangat berkembang dikarenakan geliat industri properti yang semakin diminati oleh masyarakat. Bahkan selain untuk investasi juga menguntungkan para pelaku usaha bidang properti.

Seperti misalnya menjadi pengusaha supplier bahan bangunan, yang fokus menyediakan berbagai perlengkapan alat dan bahan baku material khas bangunan untuk keperluan properti seperti rumah dan bangunan lainnya yang bisa anda lirik.

Karena setiap ada lahan kosong pasti tidak lama lagi akan berubah menjadi bangunan ataupun rumah. Alasan inilah yang menjadikan bisnis bahan baku bangunan tidak ada matinya karena  rumah sudah menjadi kebutuhan pokok manusia setelah pangan dan sandang. Karenanya banyak dari beberapa orang yang menjalankan usaha toko bangunan.

Banyak para pebisnis di sumatera utara, khususnya medan yang menggeluti bisnis toko bangunan. Ini pertanda bahwa peluang usaha bahan bangunan ini masih sangat prospektif karena ada permintaan yang berkesinambungan. Anda sebagai seorang supplier bahan bangunan harus mampu menyediakan berbagai bahan seperti paku, cat, genteng, pipa, semen, besi beton, keramik dan lainnya.

Menjadi penyedia bahan bangunan memang membutuhkan modal yang lumayan. Hal ini bisa anda atasi dengan melakukan peminjaman di koperasi atau pada sanak saudara. Dan ditambah lagi bisnis ini memiliki perputaran uang yang tergolong cepat jadi bisa balik modal secepat mungkin tergantung dengan kinerja bisnis anda.

Modal utama menjalankan bisnis penyedia bahan bangunan adalah kenalan jaringan bisnis. Jadi kita harus menjaga hubungan yang baik dengan pemilik toko bangunan. Bangunlah relasi yang luas diantara sesama teman anda, bisa melalui sesama alumni, komunitas dan mengadakan pertemuan rutin.

Mutu bahan bangunan yang dijual harus berkualitas dan terjaga dan berikan harga yang spesial, potongan harga, hadiah pada mitra toko bangunan anda. Agar pelanggan tidak berpaling kepada distributor bahan bangunan lain.

Pengiriman barang harus tepat waktu. Permasalahan yang sering terjadi pada bisnis ini adalah kontraktor sangat bawel mengenai ketepatan waktu. Bagi mereka, dengan adanya keterlambatan material bahan bangunan tersebut menyebabkan pengerjaan proyek akan semakin lama, imbasnya biaya yang ditanggung perusahaan semakin besar.

Undanglah beberapa pemilik toko bahan bangunan, developer properti, kontraktor, pemborong dan juga rekan bisnis lainnya saat me-louncing bisnis anda dengan sukuran kecil-kecilan. Hal ini bertujuan supaya bisnis anda dikenal banyak orang. Jangan lupa untuk membuat sistem penjualan dan pembelian untuk semua transaksi bisnis.

Buatlah laporan keuangan hutang piutang, cash and flow serta laporan laba rugi. Anda juga membutuhkan beberapa tenaga marketing untuk membantu pemasaran. Tugas dari sales adalah memasarkan barang bahan bangunan sekaligus merangkap collector uang dari pelanggan toko nantinya. Pilihlah orang yang jujur dan amanah. Sebab tagihan toko kebanyakan jumlahnya tidak sedikit, bisa mencapai puluhan juta. Biasanya kalau seseorang sudah membawa uang dalam jumlah bayak, ada kecenderungan akan lupa dan gelap mata, jadi harus hati-hati memilih sales.

Sekianlah pembahasan kita mengenai Peluang Bisnis Usaha Bahan Bangunan di Medan kali ini, semoga dapat menginspirasi anda menjadi seorang pengusaha bahan bangunan yang sukses di medan dan sumatera utara. Jangan lupa berkomentar.