peluang bisnis disabilitas
peluang bisnis disabilitas

Peluang bisnis dan usaha untuk penyandang disabilitas yang prospektif

Diposting pada

Bagi penyandang difabel atau disabilitas, memiliki bisnis dan usaha sendiri adalah impian. Penyandang cacat juga ingin menghasilkan income dengan skill dan kemampuan mereka. Nah kali ini ukmsumut akan membahas beberapa peluang umkm yang bisa anda coba khusus untuk penyandang cacat. Karena keterbatasan fisik tidak akan bisa membatasi semangat berkarya dan justru membuat anda lebih bersemangat dalam menghasilkan duit untuk keluarga dan orang tersayang.

Kaum difabel seperti penyandang tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tuna netra dan tuna laras berhak memiliki pekerjaan dan mengembangkan karier mereka hingga seperti orang normal pada umumnya. Inilah yang menjadi tugas bersama antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menerima keberadaan saudara kita tersebut.

Ada berbagai jenis pekerjaan untuk disabilitas untuk tahun ini. Bagi mereka, yang penting adalah dapat bekerja dan beraktifitas serta berinteraksi dengan orang banyakk sudah merupakan anugerah terbesar.

Sebagai penyandang disabilitas, seharusnya tidak menjadikan anda rendah diri dan minder. Lihat saja ada banyak orang sukses yang berhasil mengembangkan kariernya hingga menjadi motivator sekalipun. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan informasi mengenai peluang bisnis dan lowongan kerja yang cocok untuk anda para penyandang disabilitas.

Baca juga : Ini strategi mengembangkan bisnis usaha online anda

Penyandang disabilitas perlu dikaitkan dengan penyedia kerja inklusi di Indonesia. Kita harus memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas sekaligus memberikan aturan hukum yang berlaku bagi perusahaan untuk mempekerjakan mereka.

Oleh karena itu selain penyediaan lowongan kerja, harus didampingin dengan perlindungan agar nantinya para pekerja disabilitas tidak mengalami diskriminasi dan bullying dalam bekerja di perusahaan tersebut.

 

Peluang bisnis yang prospektif untuk kaum difabel

Ada berbagai jenis bisnis untuk orang cacat selain bekerja dengan perusahan tentunya. Kali ini mimin akan memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan dan profesi yang cocok untuk anda para penyendang disabilitas, diantaranya :

 

#1. Membuka bisnis dropship atau reseller barang yang sedang trend

Usaha yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda, yaitu jual beli atau lebih tepatnya berdagang secara online dan offline. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan stok maka anda bisa mulai sebagai reseller atau dropship.

Apa bedanya? Reseller bisa diartikan sebagai stok barang harus sudah tersedia untuk kemudian dijual kepada konsumen melalui online. Sementara dropsiper tidak perlu ada stok barang. Anda cukup memajang foto produk di media sosial atau toko online, bila ada konsumen memesan kemudian anda tinggal hubungi supplier dan mengirimnya atas nama anda.

 

#2. Bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas waktu

Apakah anda penyandang cacat yang berpikir untuk memulai bisnis sendiri dari rumah? Mungkin anda butuh independensi dan fleksibilitas untuk bekerja sendiri, tetapi anda tidak yakin di mana untuk memulai? Maka mulailah dengan menawarkan keahlianmu di situs situs penyedia jasa freelance. Selain waktu yang fleksibel, bekerja paruh waktu adalah alternatif terbaik yang bisa anda pilih.

 

#3. Membuka bisnis kerajinan handmade produksi rumah tangga

Anda bisa membangun usaha kerajinan tangan seperti kerajinan keset, kain perca, anyaman bambu, manik main, aksesoris kerang dan sebagainya dengan modal sederhana bahkan dari bahan sampah daur ulang. Usaha mu nantinya bila berhasil maka akan bisa ekspor ke beberapa negara, dan nantinya anda bisa memperkerjakan para penyandang cacat lainnya agar mereka lebih berdaya.

 

#4. Membuka jasa tukang pijat atau massage bersertifikat

Bagi saudara kita yang menyandang tuna netra, memang kebanyakan mengambil profesi sebagai tukang pijat yang berpengalaman dan membuka praktek di perkotaan. Diantara mereka ada juga yang menjadi tukang pijit panggilan. Saudara kita yang ahli akan tahu titik mana yang harus dipijit. Dia memijit sesuai dengan perasaannya atau feeling, sehingga banyak yang puas dengan pelayanan nya.

 

#5. Bekerja sebagai operator telepon di kantor atau gedung

Sebagai operator telepon memang dibutuhan keahlian khusus. Diperlukan juga pengalaman jika ingin terjun ke dalam bidang ini karena dalam kasus tertentu setiap penyandang disabilitas harus mampu berbahasa asing dan memiliki kecakapan yang tinggi dalam hal komunikasi. Operator telepon di hotel atau pusat keramaian adalah contoh posisi dalam karir ini.

 

#6. Menjadi atlit dalam bidang olahraga

Musimnya ASIAN PARAGAMES membuktikan bahwa menjadi atlit bisa menjadi masa depan cerah bagi penyandang disabilitas. Hal ini terbukti bahwa penyandang disabilitas juga mampu berkarir di bidang olahraga.

Apabila kaum disabilitas memang berbakat dan minat dengan bidang salah satu olahraga, kehidupan mereka pastinya akan lebih terjamin. Meskipun tidak setiap hari ada event atau pertandingan khusus disabilitas, tapi hasil yang anda dapat juga sudah bisa buat modal usaha sambil terus melatih diri, latihan dan kerja keras untuk event olahraga yang ada.

 

#7. Membuka jasa tukang jahit atau konveksi

Meskipun bukan jenis usaha baru, kebutuhan akan jasa jahit dan konveksi tidak akan pernah hilang. Karena yang namanya pakaian selalu menjadi kebutuhan masyarakat umum. Alasan lain ada banyak tren fashion yang berganti setiap waktunya.

Bahkan bukan hanya menjahit yang bisa di tawarkan, anda juga bisa memproduksi berbagai jenis pakaian dari keterampilan yang dimiliki, seperti membuat jilbab, busana muslim, sprei, aksesoris, celana dan masih banyak lagi.

 

Lihat juga : 5 jenis bisnis kuliner modal kecil bisa anda coba di medan

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh peluang lowongan kerja disabilitas terbaru yang prospektif kali ini, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda yang saat ini masih minder dan malu hendak bekerja apa nantinya. Jangan pernah merasa malu, ayo percaya diri dan tunjukkan bahwa anda bisa!