Bisnis kain ulos medan

Peluang Bisnis Kain Ulos khas Batak di Medan Sumut

Bisnis Ulos Medan – Siapa yang tidak kenal Kain Ulos khas Batak ? Hampir seluruh masyarakat kita mengenalnya. Terlebih bagi warga di kota Medan dan daerah lain di sumatera utara. Akan tetapi sedikit yang menekuni bisnis penjualan kain Ulos ini karena tidak tau rahasia dibalik kesuksesan berjualan nya. Kali ini ukmsumut akan membahas mengenai Peluang Bisnis Kain Ulos khas Batak di Medan Sumut.

Ulos sendiri adalah salah satu jenis kain khas nusantara yang brasal dari tanah batak untuk suku tapanuli khususnya Batak, Simalungun, karo, dll. Ulos sering di gunakan saat upacara keagamaan, pernikahan, acara adatistiadat, pernikahan dan lain-lainnya yang sering digunakan dalam acara tradisi di Batak.

Ternyata kain Ulos memiliki fungsi simbolik yang tidak bisa dipisahkan dalam aspek kehidupan orang Batak. Berbagai jenis dan motif menggambarkan makna tersendiri. Tergantung sifat, keadaan, fungsi, dan hubungan tertentu. Kapan digunakan, diberikan kepada siapa, dan dalam upacara adat yang bagaimana.

 

Peluang Bisnis Kain Ulos Medan

 

Atas dasar kedekatan kain ulos ini terhadap kehidupan masyakarat suku batak tersebutlah, maka peluang bisnis jualan kain Ulos tetap akan sangat prospektif. Karena permintaan yang tidak mengenal surut, menjadikan penenun kain ulos semakin hari semakin banyak.

Anda bisa berperan sebagai pengepul bagi penenun kain ulos dan menjual kembali dengan brand anda sendiri. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda kembangkan untuk memulai bisnis kain ulos ini :

 

Menentukan Target Pasar anda

Pemasaran dalam sebuah bisnis ulos memiliki peranan yang sangat penting. Pemasaran yang baik akan menentukan kesuksesan semua perusahaan. Anda tentunya mengutamakan di desa setempat yaitu di Batak. Karena di sana kain ulos ini sangatlah dibutuhkan, tak pernah mati.

Selain itu anda bisa menjual kain ulos di tempat wisata, juga di luar daerah sumut sebagai oleh oleh khas sumut. Atau bagi perantau yang berasal dari sumut tentunya apabila hendak menggelar acara adat akan membutuhkan kain ulos juga.

 

Mencari Supplier atau penenun Ulos yang Berkualitas

Pasokan kain ulos yang berasal dari perkampungan biasanya di produksi secara manual dengan tangan alias handmade ada ada juga yang memakai mesin. Namun harga dan kualitas ulos dari handmade lebih mahal dibandingkan dengan produksi mesin. Dia menceritakan bahwa proses pengerjaan kain ulos biasanya memakan waktu satu bulan hingga tiga bulan.

Jadi anda harus mempelajari dan mengamankan stok kain ulos anda. Jangan sampai stok kosong sehingga membuat konsumen anda kecewa.

 

Pemasaran Lewat Offline dan Online

Memasarkan kain ulos bisa dilakukan secara offline dan online. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing. sebagai penjual zaman now, anda harus lebih peka terhadap media sosial dan menjual lewat instagram, facebook atau whatsapp misalnya.

Selain itu anda juga bisa membuat website toko online profesional untuk meyankinkan calon pembeli terhadap kualitas dan brand dari produk ulos anda sendiri. Membuat lapak di market place juga bisa menjadi pilihan anda untuk meminimalisir budget.

Demikian artikel mengenai Peluang Bisnis Kain Ulos khas Batak di Medan Sumut kali ini, semoga bisa membantu anda dalam memulai bisnis kain Ulos ini. Tidak hanya itu anda juga sebenarnya sudah berperan dalam menjaga nilai budaya batak.