Home » Bisnis » Contoh Usaha Kain Perca yang Menguntungkan

Contoh Usaha Kain Perca yang Menguntungkan

Siapa yang tidak kenal kain perca? Hampir seluruh masyarakat kita mengenalnya. Terlebih bagi yang mengenal industri tekstil dan konveksi.

Akan tetapi sedikit yang menekuni bisnis penjualan kain perca ini, karena tidak tau rahasia dibalik kesuksesan berjualan nya. Kali ini ukmsumut akan membahas mengenai Peluang Bisnis Kain perca yang jarang diketahui orang banyak

Kain perca sendiri adalah salah satu jenis kain hasil pemotongan dari produksi. Kain ini sering dilupakan, dianggap limbah dan tidak memiliki nilai ekonomis sama sekali.

Ternyata kain perca memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap sepele, dalam aspek kehidupan sehari hari. Berbagai jenis dan motif kain perca, bisa disulap jadi berbagai produk.

Contoh Peluang Bisnis Kain Perca

Atas dasar kedekatan kain perca ini terhadap kehidupan masyakarat, maka peluang bisnis jualan kain tetap akan sangat prospektif.

Karena permintaan yang tidak mengenal surut, menjadikan kain perca semakin hari semakin banyak. Kamu bisa berperan sebagai pengepul bagi produsen kain yang menghasilkan perca dan menjual kembali dengan produk yang benar benar baru.

Tas Kain Perca

Kain perca bisa disulap menjadi aneka kerajinan tas mulai dari model handbag, tas slim bag, dompet, totebag dan berbagai jenis tas lain dengan motif dan corak yang beraneka ragam kas dari jahitan kain perca

Keset atau Kain Lap

Sobat ukmsumut juga bisa membuat keset atau kain lap tangan dan lap kaki dari jahitan kain perca. Jangan lupa juga untuk menambahkan furing supaya keset semakin empuk. Cara pembuatan keset selanjutnya ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling mudah (seperti menjahit pada umumnya)

Bandana Kain Perca

Kerajinan bandana menjadi salah satu jenis aksessoris yang biasanya digunakan oleh para kalian para wanita, yang biasa dipakai pada bagian kepalanya. Kamu bisa membuat kerajinan bandana menggunakan bahan dari kain perca lho, tapi pakai kain yang lembut dan seratnya halus

Selimut kain perca

Membuat selimut dengan bentuk motif yang beraneka ragam bisa memiliki nilai seni yang tinggi lho. Kalian bisa mencari beberapa bahan kain perca yang memiliki tekstur yang sama, tapi motif yang berbeda. Hal ini supaya selimut yang dibuat bisa terasa nyaman dan lembut ketika dipakai tidur

Sarung bantal perca

Sarung bantal dari kain perca adalah contoh usaha kerajinan yang cukup sederhana . Sarung bantal ini akan diisi dengan kapuk atau penyusun bantal lainnya. Sarung dengan bahan dan bermotif kain perca ini sangat unik untuk memperindah ruangan di dalam kamar

Gorden Kain perca

Membuat kerajinan gorden yang memiliki motif kain perca bisa memberikan nilai yang cukup unik dan tidak ada yang akan menyamainya. Gorden dari kain perca adalah jenis kerajinan yang bisa sobat ukmsumut jadikan sebagai peluang bisnis.

Hiasan Dinding Perca

Kalian bisa membuat kain perca secara bertumpuk dan membentuknya menjadi pajangan dinding yang punya motif seperti lukisan.

Kemudian jahit bagian pinggiran supaya bisa melekat satu sama lainnya. Kreasikan bentuk motif seperti bunga, sketsa dan sebagainya.

Tips Memulai Usaha Kain Perca

Dalam memulai usaha kain perca, kamu perlu memperhatikan beberapa tips sederhana berikut ini, seperti yang sudah ukmsumut rangkum untuk kalian :

Menentukan Target Pasar

Pemasaran dalam sebuah bisnis kerajinan kain perca memiliki peranan yang sangat penting. Pemasaran yang baik akan menentukan kesuksesan semua perusahaan.

Sobat ukmsumut tentunya mengutamakan di desa setempat. Karena di sana kain ini sangatlah dibutuhkan, tak pernah mati untuk dibuat kerajinan

Selain itu kalian bisa menjual kerajinan kain perca di tempat wisata, juga di luar daerah sebagai oleh oleh khas. Atau bagi perantau yang berasal dari daerah tentunya apabila hendak membeli oleh oleh

Mencari Supplier Kain yang Berkualitas

Pasokan kain perca yang berasal dari pabrik biasanya di produksi secara massal dengan mesin. Kamu harus cari pabrik konveksi dan bekerja sama dengan mereka untuk membuat kerajinan kain perca pakai tangan alias handmade dan ada juga yang memakai mesin.

Namun harga dan kualitas perca dari pabrik tentu lebih murah, sehingga kamu harus peka mencari kualitas kain yang terbaik, dibandingkan dengan produksi rumahan.

Jadi sobat ukmsumut harus mempelajari dan mengamankan stok kain perca dari pabrik konveksi. Jangan sampai stok kosong sehingga membuat produksi pembuatan kerajinan menjadi mampet.

Pemasaran Offline dan Online

Memasarkan kerajinan kain perca bisa dilakukan secara offline dan online. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing.

Sebagai pengusana zaman now, kalian harus lebih peka terhadap media sosial dan menjual lewat tiktok, instagram, facebook atau whatsapp misalnya.

Selain itu kalian juga bisa membuat website toko online profesional untuk meyankinkan calon pembeli terhadap kualitas dan brand dari produk kerajinan kain perca sendiri.

Membuat lapak di market place juga bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir budget pemasaran.

Baca juga : Peluang Bisnis Transportasi Logistik

Kata Penutup

Demikian artikel mengenai Peluang Bisnis Kain Perca kali ini, semoga bisa membantu anda dalam memulai bisnis kain seperti ini.

Tidak hanya itu sobat ukmsumut juga sebenarnya sudah berperan dalam menjaga nilai ekomi sirkular untuk menjaga lingkungan karena sudah memberdayakan limbah kain.

Share on: