7 Peluang Bisnis Ramadhan dan Lebaran yang Bisa Dicoba

Ketika umat muslim memasuki bulan suci ramadhan, maka dari itu kamu harus memaksimal kan dan memanfaatkan peluang yang sangat bagus ini, untuk memulai membangun bisnis, khusus nya di bidang kuliner, karena di bulan ramadhan, kuliner yang paling di buru orang.

Di samping membangun bisnis, tentu nya jangan lupa untuk meningkatkan kualitas ibadah, supaya jadi manusia yang lebih baik, lebih bijak dan sabar serta tawaddu.

bisnis lebaran ramadhan

Pada umum nya, kita beranggapan dalam bulan ramadhan, omset penjualan meningkat drastis khusus nya bidang kuliner. Tapi memang itu menjadi satu kenyataan. Kalau kamu kreatif, dan inovatif dalam melihat peluang  bisnis yang ada di dalam bulan ramadhan, kamu dapat dengan sangat mudah untuk meraup keuntungkan yang berlipat.

Baca juga : Panduan Cara Memulai Bisnis di Bulan Puasa

Terlebih kalau kamu menguasai pengolahan diberbagai kuliner. Ini menjadi satu momen yang tepat, di samping mengasah keahlian dan akan lebih banyak mendapat kan income yang lebih besar. Berikut akan ukmsumut uraikan beberapa peluang bisnis yang sangat menguntungkan di bulan ramadhan :

 

 

Berjualan Makan dan Minuman Khas Buka Puasa

Pada umumnya orang menyajikan menu berbuka puasa, identik dengan rasa manis dan mengandung es. Ada banyak contohnya seperti es blewah, cendol, klapa, jus buah segar, teler, makanakan seperti gorengan, kue – kue basah, jajanan pasar dan sebagainya

Makanan diatas dapat dijadikan peluang untuk memulai berjualan. Kamu dapat membuat tenda dadakan di pinggir  jalan untuk menjual jajanan kamu (pastikan kamu sudah mendapatkan izin) atau kamu dapat memulai membuka nya di depan rumah saja, karena pada saat menjelang berbuka puasa orang, akan yang lebih dekat tentunya.

Jika pembeli sudah cocok dengan menu daganganmu, nantinya mereka akan balik lagi dan dapat menjadi pelanggan tetap. Di sini ada letak perbedaan antara di dalam bulan ramadhan dan di luar bulan ramadhan. Beda nya adalah, kalau kamu jualan di luar bulan ramadhan, kamu mengejar pembeli. Kalau di dalam bulan ramadhan justru kamu yang dikejar pembeli.

 

Bisnis Catering

Buat sebagian orang di saat bulan puasa terkadang memiliki berbagai kesibukan. Banyak juga yang malas mempersiapkan masakan untuk keluarganya. Otomatis mereka akan membutuhkan yang namanya jasa catering sehat.

Kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis catering. Untuk yang bermukim di kompleks, yang penghuni nya mayoritas karyawan atau orang perkantoran, ini adalah satu peluang yang sangat tepat untuk memulai membuka bisnis catering.

Baca juga : Cara Mengatasi Takut Rugi dalam Memulai Bisnis

Buatlah masakan yang super enak, lezat dan sehat, sehingga bisnis kamu dapat cepat terkenal dan dapat mendatang kan banyak pelanggan. Utamakan kualitas rasa dan kualitas pelayanan.

 

Berjualan Kue untuk lebaran

Walaupun lebaran masih lama, orang sudah banyak yang memikirkan kue lebaran lho. Banyak sekali orang yang memburu kue atau cemilan untuk persiapan lebaran. Misal nya seperti. kue putri salju, nastar, kastangel, kripik, rengginang, bronis dan sebagainya

Ada dua cara untuk menjalankan bisnis ini yaitu dengan cara kamu mengolah sendiri atau pun kamu menjadi reseller. akan tetapi jika kamu ingin keuntungkan yang lebih besar, kamu harus dapat membuat nya sendiri tentu nya dengan bantuan keluarga atau karyawan

 

Berjualan Baju Muslim untuk Lebaran

Bisnis yang satu ini juga sangat menguntungkan, menjelang lebaran atau idul fitri, orang sudah pasti membeli beberapa pakaian baru. Dan hal ini sudah menjadi tradisi, karena mereka pasti memborong beberapa baju baru untuk keluarga.

Bisnis ini dapat kamu jalankan melalui internet sebagai sarana untuk mempromosikan daganganmu. Tips nya kamu harus dapat menyesuikan model baju yang tren masa kini, dan mulailah memperkenalkan produk mu lewat facebook, instagram atau whatsapp.

 

Bisnis Paket Parsel

Banyak orang yang membutuhkan parsel saat menjelang lebaran sebagai hadiah silaturahmi kepada teman atau keluarga. Kamu dapat membuat nya dengan beberapa jenis isian dengan harga yang bervariasi. Dan tentu nya dengan tampilan yang menarik. Kamu dapat membuat beberapa ukuran, dan harga yang disesuai-kan.

Baca juga : Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Tanpa Harus Menjatuhkan Pesaing

 

Berjualan Ketupat

Masyarakat kita juga banyak yang mempersiapkan kuliner khas lebaran seperti ketupat menjadi pelengkap makanan pokok yang ada pada hari lebaran. Ketupat sudah menjadi simbol idul Fitri. Ketupat juga masuk dalam daftar bisnis di hari raya.

Jika kamu dapat membuatnya sendiri maka hal ini juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan income, dengan modal yang tidak terlalu besar. Sebagai pendamping ketupat, kamu dapat menambahkan rendang, semur, opor ayam dan sambel goreng.

 

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Banyak keluarga yang pulang kampung saat lebaran tiba dan tidak bisa membawa hewan peliharaan mereka. Ini menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa membuka usaha jasa penitipan hewan peliharaan seperti kucing, hamster atau landak.

Usaha ini membutuhkan lahan yang cukup, beberapa kandang yang memenuhi standar dan juga perlengkapan hewan peliharaan seperti obat dan makanan sehari hari. Mulailah mempromosikan jasa anda di media sosial, radio lokal dan juga menyebarkan brosur.

 

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Online Terbaru yang Bisa dicoba

Terimakasih sudah membaca uraian mengenai peluang bisnis di bulan ramadhan dan idul fitri diatas, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi mu. Jangan lupa untuk menekan tombol share dibawah dan bagikan artikel dari ukmsumut ini di media sosial milikmu ya.