Bisnis Burung Murai Batu Medan

Memulai Bisnis Burung Murai Batu Medan yang Menggiurkan

Diposting pada

Bisnis Medan – Bagi anda penggemar burung kicau, khususnya murai batu memang menjadi primadona bagi banyak kalangan. Burung ini adalah aset berharga apabila sudah memenangi banyak kontes kicau mania. Dan salah satu jenis murai batu adalah murai batu medan yang terkenal akan kualitas suara dan mentalnya. Kali ini ukmsumut akan membahas mengenai bagaimana cara memulai Bisnis Burung Murai Batu Medan yang Semakin Menggoda. simak pembasahannya dibawah ini.

Burung kicau yang satu ini memang terkenal dengan harganya yang selangit. Terlebih apabila burung murai batu sudah mampu bertanding dan memenangi beberapa kontes kicau mania, maka akan membuat harganya semakin tinggi. Oleh karena itu, tiadak hanya ternak murai batu, ada berbagai peluang bisnis yang bisa dilakukan terutama bagi anda yang tinggal di daerah sumut.

Sama halnya dengan ternak hewan-hewan lainnya, tentu saja Anda tidak boleh sembarangan dan tidak boleh asal memulai bisnis ini. Alih-alih ingin memiliki hewan murai batu medan yang banyak, jika Anda tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup bisa jadi Anda justru akan kalah di tengah jalan alias bangkrut.

 

Tips Memulai Bisnis Murai Batu Medan

Meskipun hanya sekedar ternak burung murai batu medan, tetapi ternyata ada teknik tertentu yang harus Anda perhatikan. Burung murai batu sendiri dikenal sebagai cukup sulit penanganannya. Namun bila sudah belajar dan memiliki pengalaman yang cukup, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

bisnis murai batu medan

Berikut adalah beberapa langkah untuk memulai bisnis murai batu medan :

 

1. Pemilihan lokasi penangkaran

Ini merupakan langkah awal yang perlu anda perhatikan, yaitu mencari lokasi kandang, karena kandang yang nyaman dan tenang akan memudahkan burung untuk beradaptasi dan terhindar dari stress. Berikut adalah syarat-syarat lokasi yang baik untuk beternak murai tersebut,

  • Pertama hindari memilih tempat yang penuh kebisingan, seperti dekat dengan pabrik, bengkel, dan lokasi sejenis yang hiruk pikuk oleh lalu lalang kendraan bermotor.
  • Waspadai tempat yang berpotensi adanya ganguan binatang liar maupun pencuri.

Oleh karena itu, secara sederhananya, lokasi kandang bisa berada dekat rumah seperti di halaman rumah. Jika memungkinkan, usahakan dan upayakan agar di tempat untuk penangkaran burung murai medan ini tidak ada burung lain yang berdekatan sehingga dapat menggagu dan bahkan membuat burung mejadi marah dan tidak mau bereproduksi.

 

2. Membuat dan Mendesain kandang murai batu medan

Mendesain dan mendekorasi kandang MB Medan yang bisa anda lakukan sesuai dengan keinginan anda. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan kandang untuk ternak murai medan ini antara lain:

  • Kandang yang baik memiliki dasar langsung dengan tanah atau bisa juga dengan pasir yang sedikit dicampur dengan kapur. Fungsinya untuk mengontrol tingkat keasaman kotoran yang dapat menyebabkan kandang menjadi lembab sehingga menimbulkan banyak penyakit.
  • Kandang harus disekat dengan tembok, triplek atau penyekat lainnya, yang bertujuan untuk menjaga kenormalan suhu serta menghindarkan dari ganguan tikus maupun burung lainya.
  • Upayakan sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang dan kandang terlindung dari hembusan angin kencang.
  • Sediakan pula sarang untuk tempat bertelur burung dan juga lampu ukuran 5-10 watt yang berfungsi juga sebagai penghangat dan penerangan malam hari.

 

3. Memilih Indukan yang Berkualitas

Untuk indukan murai batu medan jantan, pilihlah burung yang sudah jinak dan tidak takut dengan manusia. Burung burung hasil penangkaran peternak biasanya juga sudah jinak dibandingkan burung yang berasal dari tangkapan alam bebas. Burung pejantan yang dipilih adalah yang telah berumur lebih dari 2 tahun karena sudah lebih matang untuk bereproduksi. Perhatikan kondisi fisiknya!

Pejantan yang baik, tidak memiliki cacat fisik serta terlihat sehat, memiliki napsu makan kuat, bergerak lincah, dan bulu tidak kusam. Sementara itu, untuk indukan betina pilihlah burung yang berusia lebih dari 1 tahun. Hindari memilih indukan burung yang memilki badan kurus yang merupakan pertanda kurang sehat dan sangat rawan kematian.

 

4. Pemberian pakan murai batu medan

Jenis pakan untuk burung murai antara lain jangkrik, cacing, ulat hongkong, serta telur semut rangrang (kroto). Upayakan untuk menyediakan pakan alami lebih dari 2-3 jenis makanan. Selain itu, untuk merangsang hormon birahi, perlu juga diberikan pakan tambahan yang mengandung vitamin, karbihidrat, protein, mineral.

 

5. Pemeliharaan anakan burung murai batu

Diperlukan perhatian khusus dalam menangani anakan burung murai medan saat masih kecil agar terhindar dari resiko kematian. Yang perlu anda perhatikan adalah ketika indukan menunjukkan perilaku menyimpang, yakni tidak mau merawat anaknya.

Jika resiko tersebut terjadi, maka anda harus melakukan penyapihan dan harus merawatnya di tempat yang hangat (misal di kotak kerdus) dan memberikan makanan secara rutin 3 sampai 5 kali dalam sehari. Ini memang menjadi resiko dari peternak burung kicau.

 

6. Menjual anakan murai batu medan melalui online

Saat ini banyak para peternak yang telah tersertifikasi, memberikan semacam ring pada anakan murai batu medan. Hal ini untuk membedakan antara murai batu hasil tangkapan alam dengan hasil ternakan. Juga banyaknya forum online yang bisa memudahkan anda dalam memasarkan anakan MB medan ini. Bila anakan hasil ternakan berkualitas, maka pasti akan banyak pecinta kicau mania yang berlangganan dengan anda

Selain itu, berikan jaminan jenis kelamin. Artinya bila anakan murai batu medan tersebut berjenis kelamin betina ketika sudah besar, pelanggan bisa menukarkan nya kembali dengan anakan lain, sehingga didapat anakan jantan. Hal ini menjadi salah satu layanan yang sangat disukai oleh kicau mania.

Sekian pembahasan seputar Memulai Bisnis Burung Murai Batu Medan yang Menggoda kali ini, semoga bisa membantu dan menginspirasi anda untuk segera memulai bisnis burung kicau ini. Jadikan hobi menjadi peluang penghasilan yang menguntungkan. bagikan tulisan ini bila anda rasa bermanfaat.