7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pelaku UMKM Pemula

Bagaimana cara mendapatkan dana untuk memulai bisnis kecil mikro dan menengah? Bisnis memang menjadi sebuah pekerjaan yang banyak diikuti oleh masyarakat indonesia mulai dari anak muda sampai orang dewasa. Bisnis sendiri memang menyenangkan terlebih kita bisa lebih memiliki waktu bersama keluarga namun penghasilan tidak mnentu kadang naik dan turun, sangat tergantung penuh pada usaha anda untuk memasarkannya.

Orang-orang berkeinginan untuk menjadi pembisnis namun yang menjadi kendala utamanya adalah modal yang tidak ada. Tentu tanpa adanya modal, kita tidak bisa memulai bisnis karena untuk membeli sebuah barangnya, untuk promosinya, dan kebutuhan marketing lainnya harus disiapkan dengan modal.

Walaupun ada bisnis dropship yang bisa dijalankan tanpa perlu memiliki barang, mengemas, dan mengirim barang. Namun, bisnis dropship ini kurang baik karena kita bergantung semuanya pada suplier.

Lihat juga : 5 bisnis kuliner modal kecil menguntungkan di medan

Kita sendiri yang harus mencari untuk menemukan orang yang ingin meminjamkan anda uang untuk memulai bisnis. Mulailah dari orang-orang disekitar kamu, untuk bisa mendapatkan pinjaman kita harus meyakini dengan cara mejelaskan kepada mereka usaha apa yang akan kamu jalani, bagaimana sistem penjualannya, kamu juga harus meyakini mereka bahwa kamu bisa mengembangkan usaha yang akan sobat ukmsumut tekuni.

 

Ide Sumber Dana

1. Simpanan atau Tabungan

Jika kamu memiliki tabungan yang cukup untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya tabungan kamu gunakan. Jangan gunakan seluruh jumlah tabungan kamu untuk bisnis, sisakan juga untuk keperluan hidup kamu. Jika masih kurang sisanya kamu pinjam saja atau gunakan cara lain agar mendapatkan modal awal sampai kamu rasa cukup.

 

2. Penghasilan dari Bekerja

Cobalah kamu bekerja terlebih dahulu, selama kamu bekerja sisihkan gaji kamu untuk memulai bisnis misalnya gaji kamu 3 juta, tabungkan 1 juta selebihnya kamu gunakan untuk kebutuhan hidup kamu. Kamu bisa mencoba bekerja sebagai karyawan perusahaan, karyawan pabrik, maupun karyawan dicafe, restaurant, atau sebagai barista . Namun, memang dengan bekerja terlebih dahulu kamu tidak bisa membangun bisnis dengan cepat, minimal 1 tahun bekerja baru bisa memulai bisnisnya.

Baca Juga : 4 pekerjaan sampingan ini bisa menghasilkan uang dengan cepat

Selama bekerja kamu bisa membangun kepercayaan terlebih dahulu untuk nantinya bisa lebih mudah mendapatkan pembeli atau sambil membangun bisnis sampingan untuk mendorong tercapainya jumlah modal yang kamu inginkan.

 

3. Hasil pinjaman dari orang terdekat

Orang terdekat biasanya lebih mudah untuk meminjamkan modal kepada kita terlebih jika kita telah dicap sebagai orang yang baik. Sebelum kamu menyebutkan jumlah uang yang akan dipinjamkan, lebih baik kamu menjelaskan atau menceritakan terlebih dahulu bisnis apa yang akan kamu tekuni, dan bagaimana sistem penjualnnya. Kamu juga harus meyakinkan mereka bahwa kamu akan menggunakan uang yang mereka pinjamkan dengan baik dan secara maksimal dan yakinkan pula bahwa bisnis kamu akan mudah berkembang nantinya.

Tapi karena memang mereka adalah orang lain, lebih baik kamu memberikan jaminan agar mereka tidak khawatir terhadap uang yang dipinjamkannya. Bisa berupa emas, surat-surat berharga, dan lainnya yang intinya bisa dijadikan sebagai jaminan.

 

4. Hasil Investasi

Berbagai jenis dana yang diperoleh, salah satunya bisa didapatkan dari hasil investasi yang sudah kita lakukan pada beberapa tahun yang lalu, seperti misalnya investasi dibidang saham, trading forex, atau bermain properti seperti rumah atau tanah

Akan tetapi pastikan bahwa dana dari investasi tersebut tidak mengganggu proses investasi mu yang sedang berjalan. Ambil keuntungannya, bukan keseluruhan dananya. Sehingga bisnis sampingan mu bisa berjalan, juga investasi bisa berlangsung secara bersamaan.

 

5. Dana dari Koperasi

Koperasi merupakan salah satu lembaga yang bisa membantu anggotanya untuk meminjam sejumlah dana, untuk kemudian dipergunakan demi membuka usaha. Adapun kelebihan dari meminjam dana dari koperasi, bunga pinjamannya tidak terlalu besar, bahkan ada koperasi yang tidak mematok bunga pinjaman. Namun pastikan bahwa kamu sudah terdaftar menjadi salah satu anggota koperasi tersebut.

 

6. Program Pemerintah

Setelah sobat ukmsumut membuat proposal bisnis, bisa mengajukannya langsung ke dinas kementerian UKM dimana kamu berada. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan dana bantuan dengan mengajukan permohonan dana hibah untuk usaha yang akan kamu mulai. Pada saat kamu mendatangi Dinas Kementerian, sobat ukmsumut akan menemukan beberapa jenis bantuan yang disediakan pemerintah.

 

7. Hasil Gadai

Ketika ingin mendapatkan sejumlah dana untuk memulai bisnismu, maka pilihan selanjutnya adalah kamu bisa menggadaikan barang berharga milikmu seperti sertifikat tanah, surat kendaraan atau logam mulia ke Pedagaian untuk kemudian mendapatkan pinjaman sejumlah dana. Nantinya setelah kamu berhasil melunasi dana tersebut, kamu akan mendapatkan kembali barang yang menjadi agunannya.

Baca juga : Peluang Bisnis Jasa Importir Barang Online dari Luar Negeri

 

Kesimpulan

Untuk para pembisnis pemula akan kesulitan jika kita meminta dengan jumlah yang besar dan akan sulit juga jika kita memintanya kepada investor besar. Tapi bisa saja itu terjadi jika kamu bisa meyakinkannya. Intinya untuk mendapatkan modal dari orang lain, kita harus membangun kepercayaan kepada mereka agar uang yang mereka keluarkan bisa kembali dengan semula tanpa ada rasa cemas saat meminjamkannya.

Itulah 3 cara mendapatkan modal untuk memulai usaha, selebihnya setelah mendapatkan modal kamu harus memainkan skill marketing kamu agar barang yang kamu jual bisa menembus pasar yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk share artikel ini dan berikan komentar mu dibawah, terimakasih sudah berkunjung di ukmsumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.