Cara Memulai Usaha dan Bisnis di Medan

Diposting pada

Memulai Bisnis dan Usaha di Medan merupakan sesuatu yang harus dipelajari terlebih dahulu, untuk meminimalisir terjadinya kegagalan. Kali ini ukmsumut akan memberikan beberapa tips dan strategi dalam merintis usaha dan bisnis awal di kota medan yang merupakan ibukota dari provinsi sumatera utara ini.

Ada banyak jenis bisnis terbaru di medan yang bisa anda coba. Seperti peluang usaha rumahan, waralaba dan makanan yang sampai sekarang masih tetap prospektif dan menguntungkan. Akan tetapi kali ini ukmsumut akan membahas topik lain yang lebih penting, yaitu strategi untuk memulai bisnis kecil anda di kota terbesar di pulau sumatera ini.

Beberapa langkah awal untuk memulai bisnis anda di medan diantaranya adalah dimulai dari :

1. Memiliki semangat dan tekad bisnis yang kuat

Sangat penting memiliki jiwa enterpreneur bagi seorang pebisnis pemula. Karena dengan modal ini, anda bisa menghadapi segala jenis permasalahan yang pasti akan menghadang bisnis anda. Bila anda mudah menyerah dan tidak suka akan tantangangan, maka kami sarankan anda jangan merintis bisnis. Meski banyak pebisnis yang tertarik memulai bisnis kecilnya, hanya sedikit yang bisa berhasil dan sukses. Ini dikarenakan mereka memiliki sifat tekun dan pantang menyerah dalam mengembangkan bisnisnya.

2. Melakukan Riset Pasar

Seorang pebisnis yang akan memulai bisnisnya, umumnya sudah memiliki ide utama mengenai arah bisnis nya kedepan, namun belum berhasil menyeimbangkannya dengan realita. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan penelitian atau riset pasar mengenai prospek dan target konsumen yang akan anda sasar. Anda bisa melakukan riset ini melalui kegiatan turun langsung ke lapangan, focus group discussion (FGD) atau melakukan trial dan error.

3. Merumuskan Perencanaan Bisnis Jangka Panjang dan Pendek

Rencana bisnis atau business plan merupakan kiblat bisnis anda. Dalam tujuan pembuatannya, business plan terbagi menjadi business plan long term dan short term. Anda harus bisa menggunakan kedua jenis ini supaya mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masa depan bisnis anda.

Buatlah perencanaan keuangan sederhana yang mengestimasikan biaya yang anda keluarkan serta pemasukan yang anda dapatkan. Mulai dari modal, laba bersih serta biaya teknis setiap bisnis. Dengan begitu, anda bisa merumuskan langkah strategis seperti apa yang harus dilakukan untuk beberapa bulan dan tahun kedepan.

4. Brand dan Promosi Adalah Segalanya

Brand adalah nama bisnis anda yang dipakai untuk melakukan promosi terhadap konsumen. Ciptakan brand yang menarik bagi masyarakat. Lakukan langkah promosi yang tepat sesuai keadaan dan karakteristik target konsumen anda. Seperti misalnya bila kebanyakan konsumen anda adalah anak muda, maka promosi lewat media sosial instagram merupakan hal yang paling tepat. Dan begitu juga yang lainnya.

5. Legalitas dan Struktur Bisnis

Walaupun masih kecil, bisnis anda perlu didukung oleh legalitas dari dinas terkait, untuk mendukung setiap kegiatan yang mungkin berhubungan dengan pemerintahana di kota medan, misalnya. Ini adalah kewajiban anda sebagai pebisnis untuk dapat memulai bisnis legal di Indonesia, khususnya di kota Medan. Anda bisa googling untuk mencari persyaratan umum dalam mengurus surat izin berusaha di tempat anda tinggal.

Ada beberapa jenis badan usaha. Seperti misalnya jenis usaha yang berpayung hukum PT (Perseroan Terbatas) atau CV (Comanditaire Venootschap) yang masing masing berbeda pula syarat kepengurusannya. Struktur bisnis ini tergantung pula dengan sumber daya yang anda punya, kompleksitas dan modal yang anda miliki.

6. Berdoa

Berdoa adalah salah satu langkah dalam memulai bisnis yang pasti sangat bermanfaat untuk kelancaran rezeki anda. Jangan sampai dalam berbisnis anda melupakan Tuhan dan seakan lupa dengan urusan akhirat. Selain berdoa, sebaiknya sisihkan beberapa persen dari penghasilan bisnis anda untuk sedekah, demi menyalurkan hak bagi orang lain yang ada di dalam harta anda.

Demikianlah beberapa poin yang sudah dijelaskan terkait mengenai Cara Memulai Usaha dan Bisnis di Medan, sumatera utara. Beberapa hal diatas mestinya di realisasikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *