Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Tanpa Harus Menjatuhkan Kompetitor

Bagaimana cara mengalahkan kompetitor tanpa harus perang harga ataupun menjatuhkan martabat dari pesaing bisnis kita? well, kali ini portal UKM Sumut akan membahas tips dan cara memenangkan bisnis yang elegan, tanpa adanya kecurangan. Simak pembahasannya dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui semakin hari persaingan bisnis semakin ketat. Karena ada banyak produsen yang memberikan pelayanan dan harga yang bersaing dalam suatu industri bisnis tertentu. Selain itu konsumen yang semakin cerdas juga dapat memilih mana produk yang terbaik bagi mereka.

Kompetitor atau pesaing usaha akan selalu ada dalam setiap bisnis. Beberapa aspek yang harus dimenangkan dari kompetitor adalah meraih keuntungan maksimal, mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin serta Bagaimana cara mencapai visi, misi dan tujuan bisnis yang sudah ditetapkan.

Baca juga : Tips Komunikasi Bisnis yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha

Kompetitor merupakan saingan dalam satu atau beberapa jenis bisnis yang sama dengan bisnis kita. Tidak hanya jenis bisnis yang sama, kompetitor juga dapat dianggap pelaku bisnis yang memiliki satu jenis industri, target pasar atau segmentasi konsumen yang sama dengan bisnis kita.

Pesaing dapat menjadi teman ataupun penyebab yang memberikan kerugian bagi bisnis kita. Semua itu tergantung dari cara kita menangani mereka. Sebagai contoh sederhana adalah bisnis doorsmeer motor yang banyak ditemukan di daerah perkotaan. Dan tentu saja para pelaku bisnis doorsmeer ini akan menjalankan berbagai macam upaya strategi untuk mengalahkan para pesaing mereka.

Apabila kamu sedang membaca artikel ini dan sedang memiliki pesaing bisnis yang kebetulan menjalankan usaha yang sama serta lokasinya juga saling berdekatan maka kamu perlu terapkan beberapa tips yang ukmsumut berikan di bawah ini

 

Cara Mengalahkan Kompetitor yang Baik dan Benar

Lalu kita sampai pada pembahasan ini dari artikel ini yaitu Bagaimana cara mengalahkan kompetitor tanpa harus menjatuhkan martabat dan juga melakukan hal-hal yang kotor?

Memenangkan kompetisi bisnis dengan harga

Ini adalah cara yang paling klasik dan ampuh untuk memenangkan persaingan bisnis.   Karena harga murah, adalah suatu penarik yang sangat ampuh bagi konsumen. Tentunya memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor,  tidak lantas mengorbankan kualitas dari produk.

Lalu bagaimana caranya kita menjual produk lebih murah dibandingkan harga pasaran?  Lakukanlah efektivitas dan efisiensi produksi dan terapkan manajemen internal yang berkualitas,  sehingga ini akan memangkas ongkos produksi dan bisa menjual produk agen jauh lebih murah dibanding dengan kompetitor

 

Memenangkan kompetisi bisnis dengan meningkatkan layanan terhadap konsumen

Apakah kalian tahu bahwa produk Apple lebih disukai ketimbang dengan smartphone dari china? Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena setiap produk apple, selalu memiliki garansi dan penggunanya mendapatkan pelayanan terbaik di Apple Store.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Keuntungan Besar Bagi Reseller tanpa Banting Harga

Saat ini Bisnis tidak hanya berorientasi terhadap harga dan keuntungan Semata, namun juga menjadi hal penting untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Bisnis akan berkembang apabila konsumen mengalami kepuasan.

Kepuasan konsumen adalah salah satu marketing yang paling ampuh, Oleh karena itu jangan pernah memandang status, Golongan atau jumlah belanjaan konsumen karena setiap pembeli adalah raja yang harus dilayani dengan semaksimal mungkin.

Secara teknis kamu bisa menerapkan beberapa hal dibawah ini sesuai rekomendasi dari ukmsumut untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis mu seperti :

  • Berlaku Sopan dan ramah
  • Menanggapi keluhan dan kritikan yang diberikan
  • Spesifikasi produk harus sesuai dengan realita
  • Penjaminan kualitas produk
  • Mengucapkan terima kasih
  • Gesit dan tidak lamban
  • Menghargai kedatangan pembeli
  • Selalu tampil ceria dan humble

 

Memenangkan kompetisi dengan meningkatkan kualitas produk

Baik itu barang atau jasa yang akan kamu jual kepada konsumen, tentunya haruslah berkualitas dan dapat memuaskan mereka. Sehingga nantinya konsumen tersebut akan berubah menjadi pelanggan dan berani merekomendasikan produk bisnis kepada teman-teman mereka.

Namun pada kenyataannya menjaga kualitas produk memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa langkah yang harus diterapkan seperti mengetahui respon konsumen Lalu bagaimana menanggapi konsumen terhadap produk yang dia beli.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Penghasilan Bisnis dari Instagram Story

Jika perlu kita bisa melakukan survei kecil-kecilan kepada pembeli dari situ kita akan mengetahui apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari barang atau produk yang kita jual kepada mereka. Lalu apa yang harus kita lakukan? Saja kita harus melakukan perbaikan semaksimal mungkin sehingga mampu menghadirkan Kotang yang berkualitas tinggi dari sebelumnya

 

Memenangkan persaingan dari strategi marketing yang tepat

Cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas strategi pemasaran bisnis kita. Teknik pemasaran yang kita lakukan haruslah efektif dan efisien serta mati yang langsung ke target konsumen. Manfaatkan juga teknologi dan internet sebagai sarana marketing yang paling ampuh, di zaman revolusi industri saat ini.

Apabila terjadi suatu perubahan di lingkungan di sekitar bisnis mu, maka Segera lakukan perubahan terhadap strategi bisnis juga, dengan demikian bisnismu akan lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan keadaan dan beradaptasi dengan baik.

 

Memantau pesaing bisnis kita

Memiliki kompetitor bukan berarti kita apatis atau tidak peduli terhadap mereka. Sebagai pebisnis yang memiliki target konsumen yang sama di daerah yang relatif sama juga, kita harus mengetahui secara spesifik mengenai mereka seperti ciri khas, pergerakan sampai dengan gaya pemasaran yang dilakukan oleh mereka.

Kamu tidak harus melakukan apa yang mereka lakukan, namun melakukan filter atau penyaringan terhadap strategi mana yang terbaik dan dapat diterapkan dalam bisnis saat ini. Karena strategi yang mereka lakukan belum tentu bisa diterapkan dan memberikan hasil terbaik bagi bisnis mu.

 

Jadilah pebisnis yang jujur dan konsistenlah memberikan yang terbaik

Terakhir yang bisa ukmsumut sampaikan adalah, jadilah pebisnis yang jujur dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan. Jangan sampai melakukan kebohongan atau kerugian yang dapat merugikan dan menjatuhkan kredibilitas bisnismu.

Pun demikian dengan konsistensi yang harus kamu pertahankan. Teruslah berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk konsumen, Jangan pernah bosan atau sekalipun mengeluh terhadap hambatan dan persoalan yang mungkin terjadi dalam bisnis mu. Percayalah semakin matang dan berpengalaman kamu dalam bisnis tersebut, maka kamu akan dapat memenangkan persaingan dalam bisnis serupa terhadap kompetitor yang lain.

 

Baca juga : Lowongan Kerja Malam Hari yang Prospektif di tahun Ini

Semoga dengan membaca artikel mengenai tips mengalahkan kompetitor dalam bisnis di atas bisa membuka pikiran kita mengenai bagaimana cara menghadapi kompetitor yang baik dan benar. Justru dengan adanya kompetitor kita bisa lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa tekan tombol share di bawah untuk membagikan tulisan ini di media sosial milik kalian. Terima kasih sudah berkunjung di UGM Sumut