Peluang Bisnis UKM Medan

Diposting pada

BISNIS UKM MEDAN – Anda pasti penasaran bisnis berbasis ukm seperti apa yang paling potensial untuk ditekuni di kota medan, sumatera utara ini. Pastinya simak beberapa jenis usaha dan bisnis prospektif tahun ini hanya untuk anda, para enterpreneur sukses. Usaha kecil menengah merupakan jawaban bagi anda yang memiliki modal kecil tetapi tetap ingin mengembangkan usaha di kota medan ini. Ada banyak peluang bisnis yang bisa anda coba di ibukota provinsi sumatera utara ini. Simak terus pembahasannya.

Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah di Medan bisa dimulai dari rumah. Skala industri rumah tangga merupakan bisnis yang murah tetapi tidak murahan. Anda hanya memerlukan sedikit sekali modal dan keberanian untuk memulai sesuatu berdasarkan passion dan skill yang anda punya. Terlebih lagi di saat sekarang pemerintah tengah mensupport para industri kreatif untuk mengembangkan usahanya di tanah air. Nah, berikut adalah beberapa jenis peluang bisnis khas ukm yang bisa anda coba di Medan :

1. Bisnis Industri Kreatif di Medan

Ada banyak bahan yang bisa diolah untuk pengrajin kreatif dengan pangsa pasar yang cukup tinggi. Seperti limbah plastik, pakaian perca, kayu bekas dan lainnya yang tidak memiliki nilai sama sekali bila dibuang begitu saja. Atau anda bisa membuka jasa pencucian helem, jasa penulisan artikel, menjual kuliner unik, dan usaha lainnya yang jarang orang tekuni dan menjadi potensial yang besar untuk dikembangkan. Baca juga peluang Bisnis Boneka Modern Busana Adat disini.

2. Usaha dibidang Kuliner Khas Daerah Medan

Berjualan oleh oleh atau makanan khas dari medan dan daerah lain di sumatera utara menjadi pilihan bagi anda yang memang menyukai dunia masak memasak. Selain itu, bisnis makanan juga tidak akan ada matinya karena selalu dibutuhkan oleh orang untuk kelangsungan hidupnya. Anda bisa membuka jualan bika ambon dan sebagainya dengan menyewa ruko pada letak yang strategis.

3. Bisnis dibidang Pertanian

Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM bidang pertanian  akan terus dibutuhkan masyarakat kota Medan, dan Sumatera utara. Bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri. Bisnis UKM di bidang pertanian ini misalnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan.

4. Bisnis dan Usaha Berbasis Online di Medan

Bisnis online adalah jenis usaha yang paling banyak ditekuni oleh masyarakat milenial sekarang, tidak terkecuali dengan masyarakat di kota Medan. Bisnis ini dengan cakupannya yang luas mampu menyihir beberapa pebisnis menjadi pengusaha sukses dengan hanya mengandalkan beberapa akun di media sosial, website atau pun aplikasi chatting. Anda bisa mencoba beberapa diantaranya seperti Dropship, Reseller, Menjadi Youtuber, Blooger, Desain Grafis, Konten Marketing, Jasa SEO, Jasa Pembuatan Website dan lainnya.

Tips Memulai Bisnis UKM di Medan

Tips Memulai Bisnis UKM di Medan

Namun anda harus bisa melihat prospek pasar dengan melakukan penelitian atau riset pasar. Cari target pasar anda siapa, dan mulailah menemukan partner bisnis yang terpercaya dan profesional. Setidaknya lakukan tahapan dibawah ini untuk menjadi pengusaha pebisnis sukses di medan :

1. Mengatur Rencana Bisnis (Business Plan)

Banyak orang menjalankan usaha dengan cara coba-coba “Trial and Error”, tidak mau belajar dari ahlinya, tidak mau mengeluarkan biaya untuk proses belajar tersebut dan akhirnya malah mengeluarkan biaya yang sangat besar karena kegagalan-kegagalan atau mengalami kerugian yang sebenarnya bisa dihindari atau paling tidak diminimalkan.

2. Mengatur SOP

Standard Operating Procedure (SOP) bisa diartikan sebagai pendetailan dari Business Plan, manfaat adanya SOP antara lain dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja, memberikan kejelasan prosedur kerja, tanggung jawab dan wewenang.

3. Mengatur Rencana Strategik (Strategic Plan)

Merumuskan strategi perencanaan bisnis ini digunakan sebagai strategi untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada baik intern maupun ekstern, jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

4. Membangun Jaringan Bisnis

Membangun network atau jaringan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara, jaringan ini diperlukan tidak hanya dalam hal pemasaran tetapi juga dalam rangka mencari partner yang akan mendukung usaha dan bisnis anda di kota medan. Apalagi orang batak terkenal dengan persaudaraan nya yang solid.

5. Memanfaatkan Teknologi Internet

Untuk mengembangkan jaringan atau networking, internet, social media dan website sangat efektif digunakan pemanfaatan social media ini akan menghemat biaya dan waktu. Anda bisa menghubungi SIBAKUA JASA WEB DAN SEO untuk membuat website profesional anda yang murah, terjangkau dan terpercaya.

Demikian artikel mengenai BISNIS UKM MEDAN ini, semoga dapat menjadi referensi anda dalam memulai bisnis usaha mikro kecil dan menengah di kota medan, sumatera utara. Berikan komentar atau saran anda kepada kami untuk dapat memperbaiki setiap konten yang ada pada postingan ini, melalui kotak komentar dibawah. Terimakasih telah berkunjung.