5 Peluang Bisnis yang cocok di Provinsi Sumut

Diposting pada

Sebelum mencari tahu Bisnis apa yang paling cocok dan prospektif di sumatera utara, kita akan mempelajari dulu sedikit defenisi bisnis. Bisnis merupakan serangkaian aktivitas yang terkait dengan penjualan maupun pembelian barang dan jasa yang secara tetap berulang (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated). Atau bisnis itu sendiri adalah serangkaian kegiatan penjualan barang dan jasa yang bertujuan mencari profit terhadap pihak yang berupaya yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan profit (konsumen / pelanggan).

Lalu, mengapa kita harus berbisnis? Tentu saja paling utama ialah mendapatkan keuntungan. selain itu, berbisnis juga akan bertujuan terhadap Mendapat Penghargaan/Pengakuan, Peluang Untuk Menjadi Bos dalam sebuah perusahaan atau ukm sendiri, dapat Menggaji diri sendiri, tidak terikat dengan waktu formal atau bisa mengAtur Waktu Anda Sendiri, serta tantangan dan Masa Depan yang lebih cemerlang.

Tiap-tiap bisnis, usaha, ukm atau umkm yang anda rintis pasti pernah mengalami tantangan dan kesulitan. Nah disini anda dituntut untuk berupaya mengolah bahan dan modal untuk memproduksi barang atau jasa yang disukai oleh konsumen, produk bisa berupa barang atau jasa yang potensial dan prospektif di sumatera utara dan sekitarnya.

Sekarang kita akan membahas, usaha dan bisnis apa saja yang paling prospektif di sumut, agar anda masyarakat sumatera utara bisa memulai bisnis dan usaha yang relevan dan mengurangi kegagalan bisnis.

 

1. Bisnis Batik

Batik ini punya peluang besar untuk bisa tetap terus berkembang. Oleh karena itu, katanya, semua pelaku usaha yang berkiblat pada batik mencoba untuk menggali apa strategi konkret yang bisa dilakukan untuk mendorong pertumbuhan batik dengan adanya sinergi lima elemen yakni pemerintah, pelaku UKM, komunitas, akademisi, dan media.

Batik di Sumut sangat menjanjikan dengan 33 kabupaten/kota. Ini adalah potensi yang luar biasa, dengan sumber daya budaya lokal. Jika dieksplor, itu sangat beragam, motifnya unik, tidak ada di daerah lain. Dengan potensi tersebut maka diharapkan akan tumbuh lebih banyak lagi perajin batik di Sumut dengan mengangkat karakter daerahnya masing-masing.

 

2. Bisnis Perkebunan

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memerlukan model perkebunan kelapa sawit dan karet yang bisa diterapkan oleh petani swadaya. Diperlukan model pengembangan kelapa sawit dan karet yang berkelanjutan mengingat saat ini sebagian besar  lahan milik petani memasuki masa peremajaan atau replanting.

Bisnis perkebunan bisa anda coba untuk calon pengusaha yang memiliki modal yang cukup besar. Banyaknya lahan menganggur, kurang produktif dan memasuki masa replanting bisa anda manfaatkan untuk berburu lahan dan menjadikannya investasi besar yang menguntungkan.

 

3. Bisnis Kopi Dolok Tao Dolok Sanggul

Bisnis kopi ini Diawali dengan pendampingan petani kopi di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, seperti mendampingi proses budidaya, pertanian organik, serta teknik – teknik budidaya kopi. Kopi yang berasal dari kawasan Tapanuli dan Humbahas ini dinilai akan membawa variasi baru dunia kopi di Indonesia.

Anda bisa langsung menghubungi petani kopi didaerah Dolok Sanggul untuk kemudian membuka Coffee Shop khas Kopi Dolok Sanggul.

Banyak yang beranggapan bahwa kopi Ateng itu untuk amunisi, padahal tidak begitu kondisinya. Ateng adalah salah satu varietas Arabica. Bisnis “mutiara hitam” ini mampu dikembangkannya hingga dari hulu ke hilirnya sehingga menghasilkan keuntungan  yang maksimal pula buat para petani di daerah Dolok Sanggul.

 

4. Bisnis Kain Ulos

Ulos sendiri adalah salah satu jenis kain khas nusantara yang brasal dari tanah batak untuk suku tapanuli khususnya Batak, Simalungun, karo, dll. Ulos sering di gunakan saat upacara keagamaan, pernikahan, acara adatistiadat, pernikahan dan lain-lainnya yang sering digunakan dalam acara tradisi di Batak.

Ternyata kain Ulos memiliki fungsi simbolik yang tidak bisa dipisahkan dalam aspek kehidupan orang Batak. Berbagai jenis dan motif menggambarkan makna tersendiri. Tergantung sifat, keadaan, fungsi, dan hubungan tertentu. Kapan digunakan, diberikan kepada siapa, dan dalam upacara adat yang bagaimana.

 

5. Bisnis jualan lontong medan

Beberapa hal yang harus anda persiapkan ketika menjalankan usaha lontong medan ini adalah menyiapkan modal, lokasi, cara menjalankan hingga promosi. Beberapa hal tersebut memang sangat cocok untuk anda jalankan apalagi modal yang harus dikeluarkan tidaklah banyak. Dengan modal 1-2 juta rupiah saja anda bisa langsung menjalankan usaha ini. Jika anda tak percaya, maka anda dapat membuktikannya sekarang juga.

 

Demikianlah beberapa peluang bisnis di provinsi sumatera utara yang jarang orang tau. Segera mulai dan rintis bisnis anda sendiri demi meraih kesuksesan di waktu muda. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa berikan komentar dibawah ini.