bisnis perlengkapan bayi di medan
bisnis perlengkapan bayi di medan

Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi di Medan Sumatera Utara

Diposting pada

Bisnis Medan – Bagi anda masyarakat sumatera utara (sumut) yang ingin membuka bisnis atau usaha dibidang perlengkapan bayi, bisa membaca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan inspirasi dan referensi bisnis. Karena jenis usaha ini cukup menguntungkan mengingat semakin banyaknya kebutuhan akan perlengkapan si kecil, bahkan sebelum lahir. Seperti apa peluangnya? mari kita bahas selanjutnya.

Peluang bisnis perlengkapan bayi bisa dibilang semakin prospektif dikarenakan jumlah kelahiran bayi di Indonesia mencapai sekitar 4,5 juta. Hal ini menjadi kebutuhan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Prospek usaha ini juga tidak mengenal musim, terutama untuk produk yang menunjang aktivitas seperti popok, pakaian, furniture maupun gendongan bayi juga tetap prospektif. Selain itu usia pemakaiannya tidak terlalu lama, sehingga selalu memiliki konsumen baru.

Apa yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis ini?

Jenis produk perlengkapan bayi dan balita dapat dibagi menjadi empat jenis produk yaitu produk pakaian bayi, (termasuk popok), bedding (tas, selimut, bantal, gendongan), aksesoris (dot, mainan, botol susu, bedak) dan yang terakhir adalah adalah furniture. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis ini :

1. Tentukan Segmen Pasar

Pelaku bisnis yang ingin terjun di bisnis ini harus menentukan terlebih dahulu mengenai segmen pasar yang akan dijadikan target pasar. Saat ini pasar menengah atas belum seketat kelas menengah bawah, sehingga pelaku usaha bisa membuat produk yang menyasar segmen pasar menengah sampai kelas atas, namun dengan membuat inovasi.

2. Lakukan Inovasi

Agar pelaku bisnis ini bisa tetap eksis, inovasi sangat dibutuhkan untuk perkembangan bisnis. Seperti jenis popok kain yang merupakan salah satu produk perlengkapan bayi. Inovasi yang menimbulkan persaingan ketat dengan produk cina, menggunakan bahan penyerap microfiber sama seperti produk eropa dengan daya tampung 250 cc, sedangkan popok cina kebanyakan hanya bisa menampung 170 cc.

baca juga : Bisnis Boneka Modern Busana Adat di Medan

Selain itu lakukan juga pengembangan produk secara kreatif yaitu melalui berbagai riset pasar. Anda bisa memanfaatkan peran teknologi informasi untuk mempromosikan produk. Memberikan paket diskon dan memberi motif menarik pada perlengkapan bayi.

3. Terapkan Strategi Pemasaran Efektif

Untuk memperkenalkan produk ke pasar, bisa dilakukan dengan memasang iklan lewat media online seperti facebook atau google maupun media cetak konvensional. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pameran mencari reseller, serta menawarkan produk ke toko perlengkapan bayi yang berlokasi di pusat-pusat perbelanjaan, sehingga produk akan lebih cepat dikenal masyarakat. sebaiknya dalam menjalankan usaha diterapkan sistem pembayaran cash, tanpa konsinyasi untuk menjaga perputaran modal.

4. Cari Jenis Barang Paling Menguntungkan

Dari berbagai jenis perlengkapan bayi dan balita yang paling banyak diminati adalah produk yang banyak digunakan untuk aktivitas bayi dan balita sehari-hari, seperti pakaian dan popok bayi. Bahkan untuk pakaian bayi permintaannya paling tinggi dibandingkan produk lain.

Sedangkan produk yang berpeluang untuk menghasilkan keuntungan besar adalah furniture bayi dan balita yang menampilkan inovasi dalam hal fungsi, yaitu satu produk bisa dugunakan lebih dari satu fungsi, misalnya ranjang bayi yang multifungsi karena dilengkapi dengan changing table atau meja tambahan berukuran 50 x 70 cm yang berguna sebagai tempat mengganti popok bayi.

Demikian artikel mengenai Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi di Medan kali ini, semoga dapat membantu anda dalam menentukan bisnis seperti apa yang cocok dan sesuai dengan passion anda. semoga anda menjadi wirausahawan yang sukses. Jangan lupa bagikan tulisan ini untuk membantu teman teman yang lain.