Bisnis Medan

Diposting pada

bisnis medan

UKMSUMUT merupakan Portal Bisnis yang memberikan informasi seputar peluang bisnis di medan dan daerah lain di sumatera utara. Update prospek usaha yang menguntungkan untuk bisnis anda bersama kami. Dapatkan berbagai informasi terbaru yang menjadi inspirasi anda untuk merintis usaha. Anda juga bisa berpartisipasi dalam memberikan artikel terkait bisnis yang sedang trend di sumatera utara. Kami dengan senang hati akan menerbitkan setiap artikel bisnis yang anda berikan.

Daftarkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang anda miliki bersama kami. Kami akan mempromosikan UKM anda di Portal Bisnis UKMSUMUT ini. Bayangkan brand usaha anda akan dikenal oleh masyarakat maya diseluruh dunia. Hanya dengan melengkapi berbagai persyaratan yang ada. Hubungi kami di menu kontak bagian atas. Bersiaplah untuk go online sekarang juga.

Peluang Bisnis Medan

Peluang Bisnis di kota Medan memang sangat menjanjikan. Ada beberapa jenis usaha yang bisa anda coba seperti Bisnis Afiliasi, Multi Level Marketing (MLM), Usaha Rumahan, Franchise atau Waralaba, Bisnis Online, Produksi Pertanian dan Peternakan, Industri dan Ekonomi Kreatif dan jenis usaha lain yang berpeluang mendatangkan pundi pundi keuntungan.

Seperti apa bisnis yang menguntungkan itu? Bisnis adalah serangkaian aktifitas yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian barang atau jasa yang secara konsisten dan berulang (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated). Bisa dinilai bahwa bisnis yang menguntungkan adalah bisnis yang memiliki perputaran uang yang cepat didalamnya. Selain itu, kemampuan modal dan sumber daya menjadi salah satu faktor keberhasilan merintis bisnis, tidak terkecuali di kota Medan ini.

Nah untuk mendapatkan berbagai inspirasi bisnis, informasi jenis usaha yang sedang trend dipasaran, juga mengembangkan bisnis, anda perlu mengunjungi beranda UKMSUMUT untuk mendapatkan berita terbaru mengenai bisnis dan usaha terbaru di medan dan sumatera utara.

Kunjungi HomePage UKMSUMUT

Bagi anda yang berada di sekitar sumatera utara juga akan mendapat manfaat ekonomi dan promosi sekaligus dengan mem-bookmart website ukmsumut ini pada browser milik anda. Secara langsung anda akan mendapatkan update postingan terbaru berisi informasi bisnis dan usaha yang ada di kota medan dan provinsi sumatera utara. Jangan biarkan anda ketinggalan berita dari kami. Anda harus berperan dalam proses pengembangan ekonomi di bumi batak ini. Terimakasih telah mengunjungi ukmsumut.

tag : bisnis medan, bisnis sumut, bisnis sumatera utara, usaha medan, usaha sumut, usaha sumatera utara

Baca Informasi Bisnis Medan Sumatera Utara Terkini dibawah ini :

  • Peluang usaha dan bisnis umkm di hari rabu

    Bisnis rabu – Peluang bisnis selalu ada bagi mereka yang gigih mencari dan bekerja tanpa mengenal kata menyerah. Oleh karena itu menjadikan hari ini sebagai momen untuk memulai bisnis anda sejak dini. Ada ribuan peluang bisnis umkm yang layak anda coba. Namun sebelumnya, ukmsumut akan memberikan rekomendasi usaha terbaik spesial untuk anda. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

    Buat kalian yang sedang menikmati hari ini, tidak ada salahnya berbagi semangat untuk hari ketiga di minggu yang penuh dengan aktifitas. Hari dimana kita tetap menjalani rutinitas dengan penuh semangat.

    Rabu menjadi penanda penting seberapa seriusnya kita meraih kesuksesan. Bagi orang orang yang ingin sukses sejak dini, mereka akan bangun pagi dan melakukan aktifitas apa pun yang bisa dikerjakan untuk menjemput kesuksesan itu.

    Bagi yang bekerja di hari rabu, akan menjalaninya dengan kebahagiaan. Bos mu tentunya akan lebih bersahaja. Juga bagi yang sedang bimbingan skripsi, kamu akan mendapati dosen pembimbingmu lebih lunak dalam merevisi. Atau kamu yang sedang bersekolah, semoga saja guru killer tidak memberikan pr yang tidak bisa dimengerti.

    Baca juga : Peluang bisnis di hari senin terbaru yang bisa anda coba

    Apakah bisnis yang paling cocok untuk kamu yang saat ini sedang menganggur atau ingin menambah penghasilan melalui passive income? Sebenarnya ada banyak peluang usaha yang bisa dilakoni sebut saja bisnis online dan homeindustri yang tidak merepotkan.

     

    Peluang bisnis dan usaha yang cocok dimulai pada hari rabu

    Hari rabu ini admin ukmsumut akan memberikan beberapa peluang bisnis yang bisa menjadi referensi bagi anda yang akan memulai bisnis entrpreneur ship dalam skala kecil menengah, silahkan simak beberapa jenis usaha yang kami sarankan dibawah ini :

     

    1. Menjadi Instagram influencer, kenapa tidak?

    Instagram influencer atau biasa kita sebut sebagai selebgram memiliki banyak follower di akun instagramnya. Dengan modal seperti itu maka ada banyak kerjasama endorsement yang bisa mendatangkan keuntugan bagi pemilik akun instagram tersebut.

    Dengan memanfaatkan media sosial dengan baik anda bisa mendatangkan keuntungan. Hampir sama seperti blog, ada brand atau perusahaan yang membutuhkan jasa buzzer atau influencer untuk memasarkan produk mereka. Tapi lakukan ini dengan baik dan jujur, jangan sampai malah jadi spamming dan mengganggu follower anda.

     

    2. Membuka salon atau barbershop juga menjanjikan

    Anda punya skill dan pengalaman dalam dunia salon atau mengelola rambut baik untuk pria atau pun wanita? Kenapa tidak membuka salon khusus wanita atau pria (disebut barbershop) saja? Membuka salon potong rambut adalah bisnis rumahan yang cocok bagi anda yang tidak ingin repot keluar rumah.

    Mungkin untuk keuntungan yang didapat tidak sebesar keuntuangan berdagang, namun jika anda memiliki banyak pelanggan dan bahkan bisa membuka cabang di tempat lain maka income yang anda hasilkan dapat dijadikan sebagai tambahan bahkan sebagai penghasil utama bisnis anda.

     

    3. Usaha fotocopy dan jasa percetakan

    Membuka tempat fotokopi dan percetakan printer di daerah kampus, perkantoran atau sekolah merupakan salah satu pilihan usaha yang cocok untuk anda di hari rabu. Anda bisa memilih menyewa toko atau ruko yang strategis serta dapat dijangkau oleh banyak orang.

    Selain itu anda juga bisa memanfaatkan rumah anda sebagai tempat bisnis fotocopy dan percetakan tersebut. Meskipun anda perlu membeli mesin fotokopi, printer dan perlengkapan alat tulis kantor lainnya terlebih dahulu, namun usaha ini cocok karena hanya dilakukan ketika ada pelanggan yang datang dan tidak merepotkan, hanya membutuhkan modal yang cukup besar.

     

    4. Membuka loket pembayaran tagihan listrik dan air

    Pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, PDAM dan Telkom sekarang ini bisa dilakukan dalam satu aplikasi sistem pembayaran secara online maupun offline. Dengan mendaftar menjadi agen pembayaran tagihan tersebut merupakan peluang bisnis yang prospektif di hari rabu.

    Ada banyak orang yang mengantri di loket pembayaran resmi pada hari normal seperti hari rabul. Jadi anda bisa mennjadi alternatif pembayaran tagihan yang lebih cepat dan mudah. anda hanya perlu menyediakan smartphone dan printer untuk kemudian menyediakan tempat pelayanannya.

     

    5. Menjadi desainer interior profesional secara freelance

    Tidak semua orang memiliki keahlian dalam mendesain interior rumah, terlebih bagi yang ingin membangun rumah baru. Jika anda memiliki skill dan pengalaman pada bidang desain interior, tidak ada salahnya mengembangkannya sebagai bisnis jasa. Biasanya profesi ini membantu pemilik rumah atau kantor dalam menentukan konsep warna, pilihan furnitur dan aksesoris yang bagus untuk dipakai.

    Tidak seperti desain interior profesional yang mengharuskan seseorang harus lulus terlebih dahulu pada Teknik Arsitektur, seorang desain interior freelance biasanya mendapatkan skill ini tanpa harus belajar formal alias belajar otodidak. Sistem kerjanya juga fleksibel karena bersifat kerjasama proyek.

     

    6. Membuka bisnis fashion hijab dan pakaian muslimah

    Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas muslim terbanyak di dunia. Hal ini dapat menjadi peluang yang sangat prospektif dalam memasarkan hijab dan pakaian muslimah secara online maupun offline. Dengan berbagai macam jenis hijab dan pakaian muslimah yang sedang trend sekarang kamu harus bisa memberikan produk terbaru yang digemari oleh pasar.

    Kenapa ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan saat ini, karena usaha ini memerlukan pemahaman mengenai perkembangan dunia fashion jadi tentunya akan sangat cocok untuk usaha yang dijalankan anda wanita yang dijadikan sebagai kerja sampingan. Cukup dengan mengandalkan sistem dropshipper atau reseller, jadi anda tidak perlu repot dengan menjadi supplier lagi.

     

    7. Mencoba agribisnis hidroponik menjadi ladang usaha baru

    Bisnis hidroponik yang banyak menjual berbagai produk pertanian sayuran misalnya kangkung, bayam, pakcoy, selada dan lainnya bisa menjadi pilihan di hari rabu ini. Lahan yang dibutuhkan juga tidak perlu luas, cukup memanfaatkan ruang kosong seadanya.

    Keunggulan  dari bisnis tanaman hidroponik ini adalah memiliki hasil tanaman dengan harga yang lebih tinggi dari tanaman pertanian konvensional menggunakan media tanah. Hal ini dikarenakan tanaman hasil hidroponik tidak mempunyai kandungan pestisida yang menjadikannya justru lebih sehat bila dikonsumsi. Sehingga harga jualnya bisa lebih tinggi dan memiliki target konsumen menengah ke atas.

     

    Lihat juga : Peluang usaha di hari sabtu akhir pekan yang prospektif untuk dicoba

    Demikianlah pembahasan mengenai Peluang bisnis dan usaha di hari rabu terbaru kali ini, semoga bisa membantu anda dalam menemukan inspirasi bisnis seperti apa yang akan anda geluti nantinya. Silahkan bagikan tulisan ini ke teman teman anda melalui media sosial milik anda. Terimakasih sudah berkunjung.

  • Peluang bisnis dan usaha hari senin awal pekan terbaru

    Bisnis senin – Hari senin merupakan hari pertama dalam awal minggu yang menjadi penanda bahwa aktifitas dimulai kembali setelah melakukan liburan akhir pekan atau weekend. Dalam hari senin ini kita dituntut untuk kembali bekerja atau belajar seperti hari normal. Biasanya orang yang menanti hari senin dan memulai aktifitas bisnis nya adalah mereka yang ingin sukses di kemudian hari.

    Awal pekan di hari senin yang ceria ini harusnya dimulai dengan ungkapan kata yang bisa memberikan semangat buat bekerja dan belajar yang menjadi rutinitas kita sehari hari. Karena memang hari ini harus bangun lebih pagi, bersiap siap untuk kemudian beraktifitas seperti normalnya.

    Rasa malas yang berlarut-larut ini tentunya tidak baik untuk kesuksesan anda. Oleh karena itu kali ini UKM SUMUT akan bertanggung jawab untuk memberikan motivasi melalui tips bisnis khusus di hari senin yang akan dibagikan di bawah ini.

    Baca juga : Peluang bisnis cocok di hari sabtu dan akhir pekan

    Oleh karena ada ribuan peluang bisnis yang bisa anda coba, namun tetap saja yang terbaik adalah bisnis yang anda lakukan saat ini juga. Apa pun yang menjadi passion anda, maka menekuni bisnis yang sesuai passion tentunya memberikan kesenangan tersendiri untuk dilakukan.

     

    Peluang bisnis dan usaha umkm yang cocok dimulai pada hari senin

    Hari senin adalah awal yang baik. Memulai bisnis disaat orang lain bekerja dan beraktitifitas adalah momen yang paling pas. Jemput rezeki anda dengan menekuni beberapa jenis usaha prospektif dibawah ini :

     

    1. Usaha jualan pinggir jalan atau kaki lima

    Sedikit jauh dari kesan prestise, anda harus membuang rasa gengsi anda dan mulailah membuka bisnis berjualan di pinggir jalan atau biasa kita sebut sebagai pedagang kaki lima. Ada banyak sekali jenis barang atau produk yang bisa anda jual seperti jenis minuman, makanan, baju dan berbagai jenis barang yang lain yang diminati orang banyak.

    Apabila anda punya passion berdagang secara front end dan memiliki ketertarikan dibidang ini, maka mulailah melakukan riset tempat yang cocok untuk digunakan. Anda bisa menyewa lapak atau menggunakan gerobak bahkan bisa memanfaatkan mobil pribadi anda untuk berjualan ini.

     

    2. Usaha kuliner dan katering masakan sehat

    Hari senin merupakan waktu pertama untuk beraktifitas. tentunya bagi yang sibuk, mereka membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk ke kantor atau sekolah. Maka ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda. Anda bisa menawarkan masakan rumah yang tidak pernah kekurangan peminat.

    Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok. Yang membuat nilai plus dari katering anda adalah ke khas an atau jenis bahan makanan yang dipilih. Selain itu tingkat kesibukan yang tinggi membuat sebagian orang tidak sempat memasak di rumah. Bagaimana, tertarik memulai bisnis katering di hari senin?

     

    3. Bisnis toko dan jasa penitipan pet atau hewan peliharaan

    Kembali lagi dengan alasan yang sama, kesibukan terkadang membuat orang tidak sempat merawat hewan kesayangan milik mereka. Atau sebagian sibuk untuk menghadapi ketatnya aturan mengenai pemeliharaan hewan di tempat tinggal. Maka hal ini bisa mejadi prospek bagi anda.

    Bisnis ini memang ditujukan bagi segmen pasar menengah ke atas. Anda bisa membuat toko pet di garasi mobil yang kosong atau lapak kecil, mulailah pasarkan jasa perawatan dan penitipan hewan juga melalui media sosial dan website. Layanan yang ditawarkan bisa bervariasi, mulai dari penitipan, perawatan, memandikan, merapikan bulu, memotong kuku, dan pemeriksaan kesehatan.

     

    4. Mendirikan kedai kopi (coffee shop)

    Karena banyaknya orang yang suka nongkrong dan bersantai di warung kopi saat jam istirahat tiba, maka membuka kedai kopi bisa menjadi usaha atau bisnis yang menjanjikan. Anda pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk membuka usaha ini.

    Baca disini peluang bisnis kopi bubuk

    Adapun besar kecilnya modal ditentukan oleh seberapa besar kapasitas dan tempat bisnis yang anda paai. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan mobil gerobak keliling untuk tempat berjualan kopi secara nomaden. Di samping menjual minuman kopi, anda pun dapat  menambahkan menu makanan yang lainnya seperti roti, mie goreng dan makanan yang lain banyak digemari.

     

    5. Menjual kosmetik dan perhiasan untuk wanita

    Target bisnis ini adalah kaum hawa. Ada banyak peminat untuk produk kecantikan, apalagi anda yang menyukai fashion dan dunia make up. Anda bisa mencoba peluang usaha berjualan kosmetik non kimia dan juga menjual perhiasan dengan harga relatif terjangkau.

    Hari senin biasanya menjadikan wanita banyak menggunakan perlengkapan kecantikan untuk ke kantor atau menghadiri acara lain. Oleh karena itu bisnis ini cukup prospektif untuk ditekuni. Disadari ataupun tidak, saat ini cukup banyak perempuan yang mulai menyadari betapa bahayanya penggunaan kosmetik kimia. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mencoba untuk mencari kira-kira apakah produk pengganti yang tepat untuk itu supaya tubuh dan juga kecantikan mereka senantiasa terjaga. Tertarik memulai bisnis ini?

     

    6. Usaha jualan bubur atau makanan bayi

    Seperti yang dipapar kan sebelumnya, hari senin banyak orangtua yang tidak sempat mempersiapkan makanan bagi bayi mereka. Bayi yang sudah mencapai usia enam bulan sudah diperbolehkan untuk diberikan makanan selain ASI dari ibu. Contohnya saja dengan memberikan bubur bayi.

    Bubur bayi cukup banyak diminati karena di dalamnya memiliki kandungan nutrisi yang cukup besar dan memang sengaja dibuat untuk membantu meningkatkan kesehatan serta kemampuan sang bayi. Dengan anda mengetahui resep pembuatan bubur bayi, tentu anda tidak perlu repot membeli bubur bayi yang seringkali dijual dengan harga cukup mahal.

     

    7. Membuka jasa kursus atau bimbingan belajar

    Bagi anda yang punya basic di bidang keguruan, bisa membuka jasa kursus atau bimbingan belajar berbagai bidang di hari senin. Selain kursus pffline, anda juga bisa membaka kursus online yang sekarang ini sangat populer. Ini karena prosesnya lebih mudah dan dengan kursus online anda bisa mendapat lebih banyak murid.

    Dalam kursus offline, anda harus mempersiapkan tempat mengajar seperti kelas pada umumnya. Selain itu anda juga sering diharuskan mengulang materinya setiap kali mengajar  kelas baru. Untuk kursus online, materi pembelajaranya bisa direkam dan dimasukkan kedalam website. Bagaimana, tertarik membuka jasa bimbel atau kursus?

     

    Baca juga : Peluang usaha di hari rabu terbaru yang prospektif

    Demikianlah pembahasan mengenai Peluang bisnis dan usaha di hari senin terbaru kali ini, semoga bisa membantu anda dalam menemukan inspirasi bisnis seperti apa yang akan anda geluti nantinya. Silahkan bagikan tulisan ini ke teman teman anda melalui media sosial milik anda. Terimakasih sudah berkunjung.

  • Peluang bisnis dan usaha untuk penyandang disabilitas yang prospektif

    Bagi penyandang difabel atau disabilitas, memiliki bisnis dan usaha sendiri adalah impian. Penyandang cacat juga ingin menghasilkan income dengan skill dan kemampuan mereka. Nah kali ini ukmsumut akan membahas beberapa peluang umkm yang bisa anda coba khusus untuk penyandang cacat. Karena keterbatasan fisik tidak akan bisa membatasi semangat berkarya dan justru membuat anda lebih bersemangat dalam menghasilkan duit untuk keluarga dan orang tersayang.

    Kaum difabel seperti penyandang tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, tuna netra dan tuna laras berhak memiliki pekerjaan dan mengembangkan karier mereka hingga seperti orang normal pada umumnya. Inilah yang menjadi tugas bersama antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menerima keberadaan saudara kita tersebut.

    Ada berbagai jenis pekerjaan untuk disabilitas untuk tahun ini. Bagi mereka, yang penting adalah dapat bekerja dan beraktifitas serta berinteraksi dengan orang banyakk sudah merupakan anugerah terbesar.

    Sebagai penyandang disabilitas, seharusnya tidak menjadikan anda rendah diri dan minder. Lihat saja ada banyak orang sukses yang berhasil mengembangkan kariernya hingga menjadi motivator sekalipun. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan informasi mengenai peluang bisnis dan lowongan kerja yang cocok untuk anda para penyandang disabilitas.

    Baca juga : Ini strategi mengembangkan bisnis usaha online anda

    Penyandang disabilitas perlu dikaitkan dengan penyedia kerja inklusi di Indonesia. Kita harus memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas sekaligus memberikan aturan hukum yang berlaku bagi perusahaan untuk mempekerjakan mereka.

    Oleh karena itu selain penyediaan lowongan kerja, harus didampingin dengan perlindungan agar nantinya para pekerja disabilitas tidak mengalami diskriminasi dan bullying dalam bekerja di perusahaan tersebut.

     

    Peluang bisnis yang prospektif untuk kaum difabel

    Ada berbagai jenis bisnis untuk orang cacat selain bekerja dengan perusahan tentunya. Kali ini mimin akan memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan dan profesi yang cocok untuk anda para penyendang disabilitas, diantaranya :

     

    #1. Membuka bisnis dropship atau reseller barang yang sedang trend

    Usaha yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda, yaitu jual beli atau lebih tepatnya berdagang secara online dan offline. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan stok maka anda bisa mulai sebagai reseller atau dropship.

    Apa bedanya? Reseller bisa diartikan sebagai stok barang harus sudah tersedia untuk kemudian dijual kepada konsumen melalui online. Sementara dropsiper tidak perlu ada stok barang. Anda cukup memajang foto produk di media sosial atau toko online, bila ada konsumen memesan kemudian anda tinggal hubungi supplier dan mengirimnya atas nama anda.

     

    #2. Bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas waktu

    Apakah anda penyandang cacat yang berpikir untuk memulai bisnis sendiri dari rumah? Mungkin anda butuh independensi dan fleksibilitas untuk bekerja sendiri, tetapi anda tidak yakin di mana untuk memulai? Maka mulailah dengan menawarkan keahlianmu di situs situs penyedia jasa freelance. Selain waktu yang fleksibel, bekerja paruh waktu adalah alternatif terbaik yang bisa anda pilih.

     

    #3. Membuka bisnis kerajinan handmade produksi rumah tangga

    Anda bisa membangun usaha kerajinan tangan seperti kerajinan keset, kain perca, anyaman bambu, manik main, aksesoris kerang dan sebagainya dengan modal sederhana bahkan dari bahan sampah daur ulang. Usaha mu nantinya bila berhasil maka akan bisa ekspor ke beberapa negara, dan nantinya anda bisa memperkerjakan para penyandang cacat lainnya agar mereka lebih berdaya.

     

    #4. Membuka jasa tukang pijat atau massage bersertifikat

    Bagi saudara kita yang menyandang tuna netra, memang kebanyakan mengambil profesi sebagai tukang pijat yang berpengalaman dan membuka praktek di perkotaan. Diantara mereka ada juga yang menjadi tukang pijit panggilan. Saudara kita yang ahli akan tahu titik mana yang harus dipijit. Dia memijit sesuai dengan perasaannya atau feeling, sehingga banyak yang puas dengan pelayanan nya.

     

    #5. Bekerja sebagai operator telepon di kantor atau gedung

    Sebagai operator telepon memang dibutuhan keahlian khusus. Diperlukan juga pengalaman jika ingin terjun ke dalam bidang ini karena dalam kasus tertentu setiap penyandang disabilitas harus mampu berbahasa asing dan memiliki kecakapan yang tinggi dalam hal komunikasi. Operator telepon di hotel atau pusat keramaian adalah contoh posisi dalam karir ini.

     

    #6. Menjadi atlit dalam bidang olahraga

    Musimnya ASIAN PARAGAMES membuktikan bahwa menjadi atlit bisa menjadi masa depan cerah bagi penyandang disabilitas. Hal ini terbukti bahwa penyandang disabilitas juga mampu berkarir di bidang olahraga.

    Apabila kaum disabilitas memang berbakat dan minat dengan bidang salah satu olahraga, kehidupan mereka pastinya akan lebih terjamin. Meskipun tidak setiap hari ada event atau pertandingan khusus disabilitas, tapi hasil yang anda dapat juga sudah bisa buat modal usaha sambil terus melatih diri, latihan dan kerja keras untuk event olahraga yang ada.

     

    #7. Membuka jasa tukang jahit atau konveksi

    Meskipun bukan jenis usaha baru, kebutuhan akan jasa jahit dan konveksi tidak akan pernah hilang. Karena yang namanya pakaian selalu menjadi kebutuhan masyarakat umum. Alasan lain ada banyak tren fashion yang berganti setiap waktunya.

    Bahkan bukan hanya menjahit yang bisa di tawarkan, anda juga bisa memproduksi berbagai jenis pakaian dari keterampilan yang dimiliki, seperti membuat jilbab, busana muslim, sprei, aksesoris, celana dan masih banyak lagi.

     

    Lihat juga : 5 jenis bisnis kuliner modal kecil bisa anda coba di medan

    Demikianlah pembahasan mengenai Contoh peluang lowongan kerja disabilitas terbaru yang prospektif kali ini, semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi anda yang saat ini masih minder dan malu hendak bekerja apa nantinya. Jangan pernah merasa malu, ayo percaya diri dan tunjukkan bahwa anda bisa!