Bisnis Kuliner Masakan Sunda dengan Untung dan Omset Besar

Ingin berbisnis kuliner khas Sunda? Coba beberapa rekomendasi makanan yang lagi trend ini, maka dijamin usahamu akan mendapatkan omset dan untung besar. Selamat datang di ukmsumut, berbicara mengenai makanan memang tidak akan ada habisnya, apalagi kuliner daerah yang memang memiliki segmentasi tersendiri.

Sunda merupakan salah satu suku yang berada di daerah Jawa Barat. Suku ini punya ciri khas yang berbeda dari daerah lain, dan Bandung adalah salah satu kota dengan banyak sekali kuliner khas Sunda yang bisa sobat ukmsumut coba. Sekian banyak jenis kuliner, ada beberapa jenis makanan yang paling populer dan disukai banyak orang.

bisnis kuliner sunda

Salah satu cemilan yang banyak disukai dan dijual di berbagai daerah di Indonesia adalah Tahu Sumedang. Terlihat sederhana dan tidak jauh berbeda dengan tahu lainnya tetapi citarasa yang di tawarkan mengoda. Ada juga beberapa gorengan lain seperti sangar, tempe goreng yang dinikmati dengan sambel racik khusus.

Baca juga : Sebelum Memulai Bisnis Kuliner, Perhatikan 5 Langkah Dasar Ini

Selain kuliner kering, ada juga makanan berkuah seperti Soto Kuning Bogor. Mungkin disini ukmsumut tidak membuatkan resep dan cara membuatnya, tetapi sobat bisa mencarinya di Google. Kita akan fokus kepada jenis bisnis dan bagaimana kiat untuk memulainya.

 

Jenis Kuliner Sunda yang Populer

Baiklah langsung saja, kita akan bahas pertama adalah jenis makanan yang berasal dari Sunda, dan prospektif untuk dicoba dan diperkenalkan ke berbagai daerah di Indonesia. Penasaran untuk mencobanya silahkan disimak apa saja kuliner Bandung yang Populer dibawah ini.

 

Kuliner Ayam Bakakak

Daging Ayam menjadi bahan kuliner yang paling sering kamu jumpai. Ada ayam Geprek, Ayam Gepuk, Ayam Kentucky sampai sop kuah ayam. Kali ini ada Ayam Bakakak yang pastinya super pedas. Sensainya bisa kamu coba sendiri dengan mencari warung makan khas Sunda ini.

 

Tahu Sumedang, gorengan merakyat

Makan gorengan tidak lengkap jika tidak ada cemilan yang satu ini. Bentuknya tidaklah besar dan dipotong potong persegi empat. Bisa dinikmati dengan lombok bijian ataupun sambal yang pedas. Harganya cukup murah dan hampir sama dengan gorengan lainnya.

Baca juga : Takut Rugi Memulai Bisnis Kuliner? Berikut Tips Mengatasinya

 

Empal Gentong untuk makanan berkuah

Siapa yang tidak ngiler melihat kuliner kuah dan terlihat ada daging didalamnya seperti Soto dan Gulai? Sahabt ukmsumut pastinya suka. Empal Gentong yang berasal dari bahan daging Sapi dicampur dengan Hati dan Santan Kental. Rasanya jangan di tanya lagi terlebih lagi kamu nikmati dengan nasi hangat.

 

Berjualan Seblak

Siapa yang tidak suka Seblak yang menawarkan rasa cukup nikmat? Ini juga menjadi makanan favorit admin ukmsumut. Ada beberapa campuran bahan yang cukup enak jika dilihat. Seblak juga ada variannya, jadi kamu bisa memperkenalkan makanan ini di daerahmu dengan bantuan media sosial yang menyasar kawula muda.

 

Membuat Dodol Garut dengan varian rasa inovatif

Buat kalian yang sedang jalan jalan ke Bandung maka Dodol adalah oleh oleh yang paling cocok dibawa pulang. Selain rasa kenyalnya juga menyediakan berbagai macam varian rasa. Warna dan Bentuknya juga ada bermacam macam sehingga semakin membuat kamu tertarik.

Baca juga : Tingkatkan Penjualan Makanan Sunda Kamu dengan Insta Story

 

Tips Membuka Bisnis Kuliner Khas Sunda

Setelah menentukan jenis bisnis seperti apa yang akan sahabat ukmsumut tekuni, maka perlu yang namanya persiapan dan modal (teknis dan non teknis) . Untungnya sudah kami berikan beberapa langkah yang harus dilakukan, check these out!

 

Menentukan target pasar dan segmentasi konsumen

Ada banyak selera masyarat, kemampuan membeli, kriteria umur dan juga status sosial. Jadi, kuliner sunda seperti apa yang akan kamu buat, sebelumnya harus tahu target pasarnya ditujukan kepada siapa dengan segmentasi konsumen yang terfokus

Dengan penentuan target pasar dan segmentasi konsumen inilah kamu bisa menentukan menu apa yang sekiranya bisa dipilih, berapa kisaran harganya, bagaimana konsep penataan tempatnya dan lain sebagainya.

 

Berikan Inovasi Baru yang tidak diberikan oleh pesaing sejenis

Sebelum kamu menekuni kuliner khas sunda, kunjungi dahulu bisnis kuliner sejenis yang sudah ada di sekitar tempat tinggal mu. Lakukanlah riset kecil kecilan mengenai harga dan menu yang mereka berikan.

Selain itu bagaiman layanan terhadap pengunjungnya, kualitas pelayanannya, suasana tempatnya dan hal penting lain yang mungkin diharapkan konsumen, namun tidak diberikan oleh mereka. Hal ini adalah bekal untuk merumuskan bagaimana konsep usaha kuliner sunda kamu akan dimulai.

 

Tempat Berjualan yang Strategis

Walaupun saat ini kamu sudah bisa menjual makanan lewat online, tetapi lokasi yang strategis masih menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh bisnis kuliner. Karena ini berhubungan dengan impresi, kemudahan calon konsumen menemukan bisnis kamu.

Perhatikan akses tempatnya serta bagaimana kondisinya, apakah ramai atau sepi. Kamu perlu memperkenalkan brand kuliner sundamu yang belum seterkenal rumah makan lain. Memilih lokasi yang strategis akan membantu dalam mendatangkan konsumen. Sebaiknya pilihlah lokasi di mana banyak orang ngekos, seperti area kampus, pabrik, atau perkantoran.

Baca juga : Begini Cara Memenangkan Persaingan Bisnis Kuliner Sunda

 

Melakukan promosi yang tepat

Promosi pertama adalah dengan memberikan layanan dan masakan yang enak, sehingga pembeli akan memberikan rekomendasi kepada teman teman nya. Selain itu kamu tetap harus memasang banner di pinggir jalan, mencetak brosur, dan memberikan diskon bila perlu.

Hal lain yang harus dicoba adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi, mempromosikan bisnis kuliner sunda sobat ukmsumut melalui jejaring sosial gratis seperti facebook, instagram, whatsapp dan sebagainya. Buat akun rumah makan kamu dekat dengan masyarakat calon pembeli, terutama generasi melek teknologi.

 

Manajemen Finansial dan Bahan Baku

Kamu selalu membutuhkan bahan baku fresh untuk membuat masakan khas sunda setiap harinya. Oleh karena itu, pengelolaan bahan baku, seperti cooled storage sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas dan ketersediaannya tetap ada.

Manajemen finansial juga tidak kalah penting. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi sederhana atau memakai excel untuk perhitungan laporan keuangan setiap bulannya. Walaupun masih kecil, bisnis kuliner mu harus dikelola secara profesional untuk melatih kemampuan manajemen finansial kita apabila nanti sudah besar.

Kamu juga harus bisa memprediksi kapan harga bahan baku akan naik dan mengantisipasinya dengan menyetok bahan yang diperlukan supaya tetap bisa menekan biaya produksi. Semuanya harus tertulis dengan jelas, tidak cukup dibayangkan di kepala begitu saja.

 

Mengurus legalitas bisnis kuliner-mu

Kamu juga sudah harus mengurus perizinan usaha mu, apabila sudah mulai mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pastikan kamu mengurus perizinan dan legalitas dari berbagai instansi dan lingkungan di mana kamu membuka usaha.

Sebaiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi bisnis kuliner sunda-mu. Kamu juga harus mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, kamu juga harus mengurus sertifikasi halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memperkuat brand bisnis-mu.

 

Baca juga : Mahasiswa juga Bisa Investasi Lho! Ikuti Programnya Disini

Semoga, dengan membaca dan mengikuti tips diatas, sahabat ukmsumut bisa menemukan inspirasi dalam memulai bisnis kuliner sunda, dan mendapatkan omset yang besar. Klik tombol share dibawah, dan jangan lupa bagikan ke media sosial kalian, supaya teman yang lain juga ikut membacanya. Terimakasih!