Bisnis bawang goreng medan
Bisnis bawang goreng medan

Bisnis Bawang Goreng di Medan Sumatera Utara

Diposting pada

Bisnis Medan – Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk dari komoditas pertanian yang dianggap sepele. Anda bisa memulai bisnis berjualan bawang goreng berbagai rasa di kota medan, dan daerah lain di sumatera utara hanya dengan menggunakan modal relatif lebih kecil. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Mengapa bawang goreng bisa menjadi pilihan bisnis ? karena merupakan salah satu makanan favorit keluarga dan banyak orang Indonesia khususnya masyarakat di medan, sumut yang menjadikannya pelengkap makanan.

Bawang Goreng Selain mudah dalam pembuatannya, juga tidak membutuhkan teknologi khusus untuk mengelola bahan utamanya, yaitu bawang merah. Anda bisa membuat produk yang dikemas rapi dan diberi brand untuk meningkatkan nilai penjualan produk.

Mengapa memilih bawang goreng? karena berawal dari rumah. Seluruh anggota keluarga masyarakat Indonesia kebanyakan menyukai bawang goreng untuk dijadikan teman lalapan dan makan.

Cara Memulai Bawang Goreng di Medan Sumut

Awal memulai usaha anda bisa merogoh kocek awal untuk modal sekitar Rp 2 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli bahan baku yakni bawang dan peralatannya. Dari situ, anda bisa membuat 50 kemasan dan dijual dengan cara konvensional terlebih dahulu.

Sebelum menjalani bisnis, anda juga seharusnya melakukan tes atau riset pasar untuk melihat minat konsumennya. Seperti membawa ke sekolah, atau teman teman kantor lainnya. Dari situ, anda bisa membuat variasi rasa seperti rasa pedas yang berbeda level, karena selera pedas orang itu berbeda-beda.

Hambatan Bisnis Bawang Goreng

Memang, dalam menjalani bisnis pasti ada tantangan. Tantangan tersebut seperti di antaranya adalah membagi waktu antara pekerjaan utama anda dan memproduksi bawang goreng. Namun bila ingin fokus, maka anda lebih baik memilih yang menghasilkan saja.

Selanjutnya adalah masih belum sempurnanya produk bawang goreng karena masih banyak minyak. Anda bisa mengakalinya dengan membeli mesin pengering makanan yang tentunya harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

Anda bisa menjual produk bawang goreng yang seharga antara Rp 25 ribu (100 gram) hingga Rp 125 ribu per kemasan (500 gram). Untuk target produksi rata-rata anda bisa menjual 1.000 kemasan.  Sehingga Omzet yang bisa anda terima bisa mencapai rata-rata puluhan juta dengan keuntungan bersih tergantung penjualan dan efisiensi produksi.

Pemasaran Bawang Goreng Secara Online

Untuk memesan produknya, calon konsumen bisa memesan di Instagram, Facebook, Aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line dan membuka lapak di market place seperti Tokopedia dan BukaLapak. Sementara itu bila terus berkembang, tidak ada salahnya juga membuat website toko online sendiri untuk mengembangkan bisnis anda.

Intinya dalam menjalankan bisnis bawang goreng ini yang terpenting adalah mengenali produk. Kemudian, produk yang dibuat adalah hasil produksi sendiri sehingga tahu plus minusnya. Dan tetap bisa menjaga kualitas supaya konsumen tidak kecewa.

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Bawang Goreng di Medan Sumatera Utara kali ini, semoga bisa membantu anda memulai bisnis sampingan di rumah. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman atau saudara lainnya. Terimakasih telah berkunjung di ukmsumut.